Greyhound LR800W, Senapan Uklik Impor Terbaik? - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Sunday, 2 August 2020

Greyhound LR800W, Senapan Uklik Impor Terbaik?

Memilih senapan angin kurang lebih sama seperti anak muda saat hendak memilih calon istri. Mesti betul-betul pas di hati. Kenapa? Karena seperti istri yang mendampingi seumur hidup, senapan juga nantinya akan setia menemani hobi Anda dalam menembak.

Tak peduli Anda membeli senapan untuk berburu hewan, ingin ikut lomba air riffle, atau sekedar menembaki kaleng bekas dibelakang rumah, tetap saja senapan Anda harus bagus. Bermain dengan senapan adalah tentang power, akurasi, dan seni. Senapan Anda idealnya harus bisa dibanggakan saat bergaul dengan teman-teman sehobi.

Jika Anda membaca tulisan-tulisan saya di Blog ini tentang senapan angin, Anda tentunya sudah tahu bahwa saya juga baru belajar menembak. Saat ini senapan yang saya punya adalah senapan uklik, yaitu Canon 808 Magnum produksi Canon Air, produsen lokal di Surabaya. Namun meski hanya senapan uklik, senapan saya tersebut amat saya banggakan. Modelnya klasik dan akurasinya cukup top di kelas senapan uklik.

Beberapa hari lalu seorang teman memberitahu saya sebuah senapan uklik impor yang awal tahun ini masuk ke pasar Indonesia. Senapan itu adalah Greyhound LR800W. Saya yang adalah seorang fans berat senapan uklik tentunya langsung gesit mencari info dan review seputar senapan ini.

greyhound uklik impor terbaik
Greyhound LR800W via youtube.com

Greyhound LR800W adalah tipe terbaru senapan Greyhound. Greyhound dibuat oleh pabrikan OEM (original equipment manufacture) di China. Pabrikan ini juga memproduksi merk senapan seperti Onyx dan Artemis. Bahkan menurut beberapa sumber, pabrikan ini juga memiliki lisensi untuk membuat senapan Diana Airgun untuk tipe tertentu. Di kalangan pecinta senapan, siapa yang tidak tahu Diana Airgun. Ini adalah produsen senapan di Jerman yang produk-produk senapannya begitu mendunia.

Kembali ke Greyhound LR800W, setelah mengetahui latar belakang pabrikan pembuatnya, kita langsung tahu bahwa senapan ini bukan produk kaleng-kaleng. Kualitasnya sudah pasti teruji dan di lempar ke pasaran dunia setelah melalui quality check yang ketat.

Greyhound LR800W via youtube.com

Senapan Greyhound LR800W secara fisik memiliki tampilan yg elegan nan klasik seperti umumnya beberapa senapan impor. Mungkin ini adalah penyempurnaan dari LR700W, senapan Greyhound sebelumnya. Bentuknya saya lihat tidak jauh berbeda.

Bahan kayu mengisi sebagian besar bodi senapan ini. Mulai dari popor, rumah chamber, sampai pompa tangan. Ukiran serupa garis-garis lurus pada kayu tampak amat serasi dengan warna coklat terang yang dominan mengalahkan warna hitam di tabung dan larasnya.

Senapan ini cukup unik sebab menyediakan slot pemasangan magazine. Untuk sebuah senapan uklik, fitur ini jarang dijumpai. Biasanya senapan uklik hanya menggunakan fitur single shoot alias sekali tembak.  Dalam paket pembelian, selain unit senapan dan buku manual, diikutkan pula sebuah magazine dan beberapa seal cadangan.

Greyhound LR800W via youtube.com

Setingan standar senapan menggunakan visier manual, bawaan standar senapan angin. Visier ini bisa dilepas jika akan dipasangi teleskop. Di ujung larasnya yang hitam legam, sudah terdapat ulir untuk pemasangan peredam.

Dalam beberapa review yang saya lihat, Greyhound LR800W bisa melontarkan peluru dengan kecepatan 700-800 fps pada 8 kali pemompaan. Angka ini cukup lumayan untuk kelas senapan uklik. Sebagai perbandingan, senapan Canon 808 Magnum milik saya pada 5 kali pemompaan hanya bisa mencapai 680 fps.

* * *

Saya merekomendasikan Greyhound LR800W sebagai senapan uklik impor yang paling worth it dibeli di tahun 2020 ini. Alasan pertama, produsen senapan impor yang masuk ke Indonesia amat jarang. Bisa dihitung jari. Kalaupun ada yang masuk, jumlah unit yang dijual terbatas. Makanya jangan heran mengapa senapan Diana yang begitu terkenal jarang di jumpai. Ya itu, pemasarannya terbatas.

Alasan kedua, Greyhound LR800W menurut saya memiliki kualitas yang diharapkan dari sebuah produk impor. Meski saya belum pernah mengetes sendiri, tapi sudah banyak rekan penghobi senapan yang mereview senapan ini dan hasilnya memuaskan.

Alasan paling kuat untuk merekomendasikan Greyhound LR800W adalah harganya yang terjangkau. Dari beberapa website yang saya kunjungi, senapan ini bisa didapatkan dengan harga Rp. 2.700.000,-. Harga begini murah?

Untuk sebuah senapan uklik impor dengan kualitas seperti Greyhound LR800W, harga ini sudah cukup merakyat. Coba saja Anda googling harga senapan-senapan impor. Anda akan terbelalak melihat harga-harganya.

Begitulah rekan-rekan. Sekali lagi memilih senapan mesti pas di hati. Ya namanya juga hobi. Anda mungkin pernah melihat seseorang yang kemana-mana naik mobil tua Land Rover Defender, padahal ia mampu membeli mobil yang lebih mewah. Nah, memiliki senapan angin juga begitu. Kemewahan bagi setiap orang berbeda bentuknya. Namun saya yakin Greyhound LR800W adalah sebuah kemewahan bagi rekan-rekan pecinta senapan uklik.

Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done