Peluru Senapan Angin Terbaik untuk Menembak Jarak Jauh - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Saturday, 12 December 2020

Peluru Senapan Angin Terbaik untuk Menembak Jarak Jauh

peluru mimis terbaik untuk menembak jarak jauh

Salah satu aspek tidak terpisahkan dari hobi menembak dengan menggunakan senapan angin yaitu tentang akurasi. Senapan angin tanpa akurasi yang baik adalah nol besar. Para penghobi senapan angin akan melakukan apa saja untuk meningkatkan akurasi senapan mereka.

Akurasi atau ketepatan mengenai target pada senapan angin ditentukan oleh dua hal. Pertama adalah kualitas senapan. Mekanisme senapan sangat menentukan untuk mendapatkan akurasi yang baik. Mulai dari sistem penyimpanan udara, valve, sistem triger atau pemicu, dan yang paling penting yaitu barel atau laras.
 
Bagian kedua yang juga menentukan akurasi tembakan yaitu jenis peluru. Ya, jenis peluru yang digunakan dalam tembakan juga mempengaruhi perkenaan terhadap target. Biarpun senapan Anda sudah menggunakan bahan-bahan terbaik, jika pelurunya tidak tepat, maka akurasi yang diharapkan hanya akan jadi angan-angan.

Untuk menembak target jarak dekat, misalkan 10 – 20 meter saja, sebenarnya jenis peluru tidak begitu signifikan dampaknya. Namun saat hendak menembak target jarak jauh atau long range, memilih peluru yang tepat menjadi amat krusial.
 
Nah, apa saja jenis-jenis peluru yang banyak digunakan untuk senapan angin? Peluru seperti apa yang terbaik untuk menembak jarak jauh? Mari kita simak ulasan berikut.

Baca juga:

Mengenal peluru senapan angin

 
Di Indonesia, peluru senapan angin di kalangan penembak lebih dikenal dengan sebutan mimis. Peluru atau mimis ini umumnya terbuat dari bahan timah. Timah adalah logam lunak yang memiliki massa jenis yang cukup  berat.
 
Pernahkah anda mendengar istilah kaliber 177? Atau kaliber 4,5? Itu adalah istilah untuk mengelompokkan senapan berdasarkan ukuran peluru. Misalkan disebut senapan kaliber 177, maka maksudnya bahwa senapan tersebut menggunakan peluru dengan diameter 0,177 Inch. 0,177 Inch sama dengan 4,5 mm.
 
Setahu saya diameter 0,177 Inch atau 4,5 mm adalah diameter peluru yang paling kecil dan hanya kaliber itu pula yang legal digunakan di Indonesia. Makanya, peluru senapan angin yang dimaksud dalam ulasan ini adalah peluru kaliber 0,177 Inch ya.

Peluru senapan angin umumnya memiliki bentuk yang hampir mirip, dimana memiliki tiga bagian yaitu skirt atau rok, leher, dan kepala. Skirt berbentuk seperti rok dengan coakan ditengahnya yang berfungsi untuk menjadi isolator angin agar laju peluru lebih teratur. Bagian leher menghubungkan antara kepala dan skirt.
 
Bagian kepala berbentuk paling padat untuk mempertahankan energi peluru saat meluncur dari laras. Kepala peluru inilah yang bentuknya bermacam-macam .

Selain bentuk, peluru senapan angin juga terbagi dalam bermacam-macam ukuran berat. Sepengetahuan saya beratnya beragam antara 8-19 gram. Biasanya semakin berat peluru, bentuknya menjadi lebih panjang, sebab diameternya mesti tetap 0,177 Inch atau 4,5 mm.
 
 

Jenis-jenis peluru senapan angin


Peluru senapan angin banyak sekali jenis dan merknya. Harganya pun bermacam-macam. Berikut ini adalah 4 jenis peluru berdasarkan bentuknya yang paling banyak digunakan oleh para penembak di Indonesia.
 

1. Wadcutter pellet / peluru flat

peluru mimis terbaik untuk menembak jarak jauh

Wadcutter pellet adalah peluru yang kepalanya berbentuk flat atau datar. Pemluru model ini menghasilkan akurasi yang baik untuk jarak dekat, namun tidak direkomendasikan untuk senapan berpower besar dengan jarak tembak yang jauh. 
 
Wadcutter biasa digunakan untuk perlombaan, dengan target yang datar seperti papan atau kertas. Lubang yang dihasilkan pada target paling rapi dibanding peluru model lain. Dengan demikian, memudahkan untuk memberi nilai pada tembakan saat perlombaan.

2. Pointed pellet / peluru lancip

peluru mimis terbaik untuk menembak jarak jauh

Pointed pellet adalah peluru yang kepalanya berbentuk lancip. Model ini sangat cocok digunakan untuk berburu, sebab memiliki daya penetrasi yang tinggi. Jika mengenai target, peluru ini sanggup menembus tubuh target buruan lebih dalam dibanding peluru model lain. Peluru model lancip ini bentuknya cukup aerodinamis, sehingga minim hambatan di udara.
 

3. Domed pellet / peluru bulat

peluru mimis terbaik untuk menembak jarak jauh
 
Domed pellet adalah peluru yang kepalanya berbentuk bulat seperti setengah bola. Model ini juga banyak digunakan untuk berburu sebab bentuknya yang aerodinamis sehingga akurasinya sangat stabil.

Domed pellet adalah peluru serbaguna, yang cocok digunakan untuk jarak dekat ataupun jarak jauh. Peluru ini pun tidak jarang dipakai untuk perlombaan menembak.

4. Hollow Point Pellet / Peluru Berlubang

peluru mimis terbaik untuk menembak jarak jauh

Hollow point pellet adalah peluru yang kepalanya berlubang. Peluru model ini sangat cocok digunakan untuk berburu hewan buruan yang besar, sebab impact atau daya hancurnya adalah yang terbaik dibandingkan peluru model lain.


Peluru terbaik untuk menembak jarak jauh


Sebagaimana yang saya sebutkan di awal bahwa pemilihan peluru sangat berpengaruh untuk meningkatkan akurasi dalam tembakan jarak jauh. Ada beberapa hal yang menurut saya bisa menjadi pertimbangan dalam meilih peluru untuk menembak jarak jauh.

Pertama, bentuk peluru untuk tembakan jarak jauh harus yang lebih aerodinamis, agar dapat melalui hambatan angin dengan baik. Hambatan angin yang terlalu besar dapat mengurangi kecepatan peluru sehingga powernya menjadi lemah saat mengenai target.

Kedua, bentuk peluru harus memiliki impact atau daya hancur yang sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan bahwa saat mengenai target, peluru Anda akan berpenetrasi lebih dalam terhadap target. Ini penting sekali jika Anda berburu dan hendak menembak hewan buruan yang besar dan susah mati.

Ketiga, berat peluru harus sesuai dengan power senapan. Peluru yang ringan biasanya akan bergerak tidak beraturan saat ditembakkan dengan kecepatan yang tinggi. Semakin berat peluru maka gerakannya di udara akan lebih stabil, namun membutuhkan power senapan yang lebih besar. 
 
Baca juga:

Kesimpulan


Berdasarkan ulasan diatas, peluru seperti apa yang cocok digunakan untuk menembak jarak jauh? Jawabannya adalah kembali kepada Anda masing-masing.

Ingat target apa yang akan Anda tembak, perhitungkan power dari senapan angin Anda, dan bagaimana penetrasi dan daya hancur yang Anda diinginkan. Setiap senapan angin berbeda, demikian pula peluru yang tepat untuk senapan tersebut.
 
Menurut saya, solusi terbaik untuk menyesuaikan senapan dengan pelurunya adalah dengan melakukan eksperimen sendiri. Kenali senapan Anda lalu uji coba bermacam-macam peluru. Anda akan menemukan sendiri peluru seperti apa yang tepat untuk Anda gunakan.

Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done