5 Senapan Angin Terbaik Dunia - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Saturday, 13 February 2021

5 Senapan Angin Terbaik Dunia

Senapan angin adalah senjata yang menggunakan prinsip pneumatic atau kompresi udara sebagai penggeraknya. Jika senjata api menggunakan sistem pembakaran bubuk mesiu untuk melontarkan peluru, maka senapan angin hanya menggunakan udara bertekanan saja.

senapan angin terbaik

Udara bertekanan disimpan pada tabung lalu disalurkan dengan mekanisme tertentu untuk mendorong peluru keluar melalui laras lalu mengenai target. Anda bisa membaca seluk-beluk senapan angin, sejarah dan jenis-jenisnya pada artikel lain blog ini.

Produsen dan merek senapan angin di dunia ada banyak sekali jumlahnya. Saat hendak membeli sebuah senapan, Anda pasti akan bingung mau memilih yang mana.
 
Senapan angin apa yang terbaik? Dibawah ini ada daftar 5 senapan angin terbaik untuk berbagai kategori. Saya percaya ulasan ini akan membantu Anda menentukan pilihan.
 
Baca juga:

Airforce Texan SS Big Bore – Senapan angin dengan power terbaik



senapan angin terbaik

Pabrik senapan asal USA, Airforce Airguns, menggunakan slogan ini: Airforce, world’s most powerful production air rifle. Artinya, mereka mengklaim sebagai produsen senapan dengan power terkuat di muka bumi. Dengan sistem tiup khas Airforce, saya sepakat sih dengan klaim ini. Lagipula saya juga adalah pengguna senapan Airforce.
 
Salah satu produk senapan mereka, Airforce Texan SS, yang dirilis tahun 2015 langsung merajai pasaran senapan berkaliber besar. Airforce Texan SS big bore tersedia dalam kaliber .257, .308, .357, dan .457.
 
Setelah membaca dan menonton beberapa review produknya, saya menetapkan Airforce Texan SS sebagai senapan dengan power terkuat saat ini. Tenaga senapan ini benar-benar monster. Untuk akurasi, Anda tidak perlu meragukan kualitas laras Lothar Walther andalan senapan-senapan Airforce.
 
Anda bisa mendapatkan senapan ini di marketplace internasional dengan harga $1,174,99. Jika di konversi ke rupiah dengan kurs hari ini, jadinya sekitar Rp. 17.000.000.
 
Ohiya, untuk kaliber sebesar ini tidak legal digunakan di Indonesia ya. Jadi jika ingin memiliki Airforce Texan SS Anda mesti mengurus perizinan yang dibutuhkan. Tapi menurut saya sih senapan kaliber sebesar ini tidak relevan digunakan untuk berburu di Indonesia.


Crosman Challenger – Senapan angin dengan akurasi terbaik


senapan angin terbaik
Crosman Challenger adalah senapan produksi Crosman Corporation yang juga berbasis di USA. Pabrik senapan ini telah puluhan tahun malang melintang di industri senapan angin dunia.
 
Crosman Challenger memang dibuat untuk mengejar akurasi tinggi, bukan power besar. Makanya senapan ini hanya bisa melesakkan peluru rata-rata 500 an fps dengan kaliber .177. Menurut saya senapan ini tidak cocok untuk digunakan berburu binatang.
 
Dengan laras Lothar Walther, sandaran bahu, sandaran pipi, dan triger yang semuanya dapat disesuaikan, nampak bahwa Crosman Challenger mengutamakan kenyamanan untuk mendapatkan akurasi terbaik. Benar saja, senapan ini telah terbukti untuk kelas kompetisi menembak di USA.
 
Fyi, sebenarnya ada senapan produksi Airforce Airguns yang juga bersaing di kelas kompetisi. Namanya Airforce Edge. Beberapa pengamat senapan angin membandingkan senapan ini dengan Crosman Challenger. Ratingnya beda-beda tipis sih.
 
Hal yang unik dari Crosman Challenger adalah bahwa senapan ini dapat menggunakan dua sumber penggerak, PCP dan gas CO2. Untuk menggunakan penggerak gas CO2, Anda hanya perlu memakai adaptor tambahan.

Bagi Anda yang mengejar akurasi tinggi, bisa mendapatkan Crosman Challenger pada harga $829,95 atau sekitar Rp. 12.000.000. Senapan ini juga legal digunakan di Indonesia.

Baca juga:

Benjamin Marauder Synthetic Stock – Senapan angin terpopuler


senapan angin terbaik
 
Mengulas senapan-senapan terbaik dunia tentu tak lengkap rasanya jika tidak ada nama Benjamin Marauder, produsen senapan legendaris yang telah mendunia. Anda boleh membeli senapan Benjamin Marauder tipe apa saja. Kualitasnya pasti nomor satu.
 
Hal yang pertama saya suka dari senapan Benjamin Marauder adalah modelnya yang klasik. Ditengah gempuran model senapan yang beraneka rupa, senapan ini tetap menjaga desain simpel dan elegan yang mana menurut saya itu sangat berkelas.
 
Yang kedua, fitur-fitur setingan senapan Benjamin marauder sangat mudah digunakan. Bahkan orang awam sekalipun tidak akan kesulitan menyesuaikan setelan senapan ini. Setelan power, sistem magazin, triger, sistem kokang, semuanya simpel.
 
Untuk tahun 2021 ini, saya merasa Benjamin Marauder masih akan menjadi senapan terpopuler pilihan para penghobi senapan dunia. 
 
Saat ini saya sedang menyukai tipe Benjamin Marauder syhthetic stock yang kaliber .25. Bahan synthetic ini keluaran generasi ke 2 dimana yang sebelumnya menggunakan wooden stock atau kayu.
 
Benjamin Marauder syhthetic stock memiliki berat 3,3 kg dengan tampilan serba hitam yang garang, dipadukan dengan laras Lothar Walther yang terbungkus penuh sehingga senapan ini sangat senyap. Dari beberapa review yang saya lihat, dengan menggunakan peluru 14,3 gr, senapan ini masih akurat pada jarak 100 yard.
 
Sayangnya kaliber .25 tidak bisa digunakan dengan bebas di Indonesia. Seandainya bisa, senapan keren ini bisa Anda dapatkan dengan harga $629,99 atau sekitar Rp. 9.000.000.


FX Impact MKII – Senapan angin kaliber 177 terbaik


senapan angin terbaik
Kaliber .177 adalah ukuran peluru senapan terkecil dan hanya kaliber itu pula yang bisa digunakan dengan bebas di Indonesia. Kaliber yang lebih besar dari itu membutuhkan izin dari lembaga negara terkait untuk penggunaannya. Anda bisa membaca klasifikasi kaliber senapan angin secara lengkap di artikel lain blog ini ya.
 
Bagi rekan penghobi senapan di Indonesia, saya memilih satu senapan yang menurut saya terbaik untuk kaliber .177 saat ini. Pilihannya jatuh pada FX Impact MKII. Tidak sulit memilih senapan ini sebagai yang terbaik di kaliber .177 sebab penggunanya sudah banyak di Indonesia.

FX Impact MKII berbentuk tactical dengan tambahan power plenum serta menggunakan laras bawaan FX Smooth Twist Superior. Power plenum ini semacam tambahan ruang ledak pada chamber senapan.
 
FX Impact MKII memiliki regulator yang presisi, setelan valve, setelan power, setelan triger, dan tabung komposit yang bisa diisi diatas 3000 psi, tidak salah lagi jika senapan ini adalah impian para penghobi senapan di Indonesia.

Satu-satunya kekurangan senapan ini adalah harganya yang cukup tinggi. Di marketplace global harga senapan asal Swedia ini adalah $1.999,9. Sampai di Indonesia, harganya menjadi Rp. 43.000.000. Memang tinggi, namun Anda akan memiliki sebuah senapan yang sangat bisa diandalkan.
 

Predator Tactical – Senapan angin buatan lokal terbaik


senapan angin terbaik
Dari daftar senapan angin terbaik diatas, semuanya adalah produk luar negeri yang harganya cukup tinggi. Kalaupun ada yang terjangkau, namun biaya kirim ke Indonesia juga pasti mahal dan membutuhkan banyak perizinan.

Namun jangan berkecil hati. Ada banyak senapan buatan dalam negeri yang kualitasnya tidak kalah dari senapan buatan luar negeri. Kita bersyukur Indonesia dihuni banyak pengrajin senapan angin yang produknya bukan kaleng-kaleng.

Salah satu senapan yang menurut saya memiliki kualitas bagus adalah PCP Predator Tactical. Senapan ini banyak dibuat oleh pengrajin di pulau jawa.
 
Predator Tactical memiliki tampilan yang garang, dengan fitur multi shoot menggunakan magazin. Popor pada senapan ini dapat dilipat dan disetel maju mundur sesuai kenyamanan pemilik. Power dan akurasinya juga cukup bagus. Anda bisa membeli Predator Tactical yang menggunakan laras Lothar Walther untuk mendapatkan akurasi terbaik. 

Harga Predator Tactical di pasaran adalah Rp. 4.000.000 – Rp. 9.000.000, tergantung pada spesifikasi bagian-bagian senapan. Harga ini cukup sebanding untuk sebuah senapan lokal berkualitas yang telah populer di Indonesia.
 
Baca juga:

Penutup


Demikianlah ulasan senapan angin terbaik yang saya kumpulkan dari pengalaman pribadi, katalog produsen senapan, dan review para pengguna senapan angin dunia. Jika menurut rekan-rekan pembaca ada senapan lain yang harusnya masuk di daftar diatas, silahkan tinggalkan komentar ya.

Memilih senapan angin yang tepat memang gampang-gampang susah, sebab ada begitu banyak produk senapan di pasaran. Saya berharap daftar senapan angin terbaik diatas bisa menjadi referensi Anda untuk mendapatkan senapan impian yang bisa diandalkan.

Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done