Tips Pengelasan Piston Rod Silinder Hidrolik - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Friday 25 October 2019

Tips Pengelasan Piston Rod Silinder Hidrolik


pengelasan welding piston rod hidrolik

Piston rod adalah salah satu bagian utama pada sebuah silinder hidrolik. Batang baja berbentuk silinder yang umumnya pejal inilah yang meneruskan gaya yang dihasilkan dari tekanan fluida sehingga menciptakan tenaga pada sebuah silinder hidrolik.

Menahan beban kerja yang besar, piston rod terbuat dari material baja yang kuat dan dilapis dengan chrome sehingga tampak mengkilat.

Baca juga:  Mengenal Turbin PLTA: Prinsip Kerja, Jenis, dan Pemilihannya


pengelasan welding piston rod hidrolik


Umumnya jika terjadi kerusakan pada material adalah akhir dari umur sebuah piston rod. Misalnya crack, retak, apalagi kalau sampai patah. Melakukan perbaikan dengan pengelasan atau welding pada piston rod sangat beresiko sebab dapat merusak seal di dalam silinder akibat panas yang ditimbulkan dari pengelasan tersebut. Kerusakan seal tentu menyebabkan kerugian menjadi semakin besar. Selain itu, pengelasan bisa memicu terjadi deformasi yang bisa saja membuat piston rod menjadi bengkok.

Baca juga: Review Alat Bending Pipa Hidrolik - Wipro SWG 3B

Meski demikian, pengelasan pada piston rod bukan mustahil dilakukan. Apalagi jika mempertimbangkan biaya penggantian yang sangat mahal, maka melakukan perbaikan dengan pengelasan tentu salah satu pilihan ekonomis untuk mengatasi piston rod yang crack, retak atau patah

pengelasan welding piston rod hidrolik

Cara paling aman tentu saja dengan membongkar dan memisahkan terlebih dahulu piston rod dari silinder. Dengan demikian, seal akan aman dari panas akibat pengelasan meski kemungkinan deformasi tetap ada. Namun jika harus membongkar silinder tentunya adalah pekerjaan sulit dan memakan waktu lama.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk melakukan perbaikan piston rod dengan pengelasan tanpa perlu membongkar silinder.

Baca juga: Cara Menjadi Piping Engineer


Deteksi Kerusakan dengan Detail


Pertamakali, lakukan pemeriksaan untuk mendeteksi titik kerusakan secara detail. Jika retak mungkin masih terlihat kasat mata. Namun untuk crack yang kecil bisa saja tidak. Anda membutuhkan pengujian material untuk memastikan kerusakan tersebut.

pengelasan welding piston rod hidrolik

Baca juga: Jusuf Kalla Menggertak China

pengelasan welding piston rod hidrolik

Gambar diatas adalah pengujian crack pada piston rod dengan menggunakan penetrant inspection. Tampak dengan jelas bagian yang rusak dan perlu mendapatkan perbaikan.


Berikan Pendinginan


Selama pengelasan berikan pendinginan pada piston rod dengan kain basah.

pengelasan welding piston rod hidrolik

Lakukan Jeda Pengelasan


Lakukan pengelasan berdasarkan tingkat panas pada material piston rod. Jika panas sudah mulai meningkat seiring pengelasan, berikan jeda beberapa menit untuk mengurangi panas dan lanjutkan lagi jika sudah agak dingin. Begitu seterusnya.

Melakukan pengelasan terlalu lama akan menyebabkan panas pada piston rod sehingga bisa merusak seal.

pengelasan welding piston rod hidrolik

 

Ulasan


Kerusakan pada piston rod berupa crack, retak, atau patah dapat dilakukan perbaikan dengan pengelasan atau welding tanpa perlu membongkar silinder. Memang beresiko sebab panas yang timbul akibat pengelasan bisa merusak seal di dalam silinder. Namun dengan tips dan perlakuan seperti diatas, dampak panas bisa dikurangi sehingga seal tidak sampai rusak dan piston rod dapat digunakan kembali dalam silinder hidrolik.

Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done