Rekomendasi Teleskop Senapan Terbaik Untuk Penembak Pemula - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Thursday, 20 August 2020

Rekomendasi Teleskop Senapan Terbaik Untuk Penembak Pemula

Setelah memiliki sebuah senapan angin, ada banyak aksesoris sebuah senapan yang perlu di miliki oleh seorang penembak. Aksesoris-aksesoris ini memiliki fungsi macam-macam untuk mendukung kemudahan dan kenyamanan dalam menembak nantinya. Anda bisa saja tetap menembak meski tanpa aksesoris pelengkap ini, namun rasanya akan kurang nyaman. Makanya saya sarankan, Anda sebaiknya membeli juga aksesoris tersebut terutama aksesoris yang penting-penting.

Seorang penembak memerlukan kelengkapan berupa teleskop, peredam, mounting teleskop, bipod atau tripod, mounting tripod, red dot, range finder, night vision, tali sandang, dan tas senapan. Banyak ya? Anda bisa mencari tahu fungsinya masing-masing lalu menimbang-nimbang sendiri perlu atau tidak membeli aksesoris yang saya sebutkan di atas.

Seperti halnya senapan angin, harga aksesoris ini juga bervariasi tergantung kualitasnya. Ada yang murah dan ada juga yang mahal. Bahkan mungkin ada yang harganya lebih malah dari harga senapannya sendiri. Hehe
 
teleskop terbaik untuk penembak pemula
 
Salah satu kelengkapan senapan yang penting sekali di miliki adalah teleskop. Ibarat manusia, teleskop adalah mata pada sebuah senapan. Bagaimana bisa menembak dengan baik jika tidak ada mata?

Teleskop adalah sebuah selongsong berisi serangkaian lensa optik yang berfungsi untuk melihat sebuah benda-benda yang jauh agar tampak lebih jelas. Teleskop pada senapan berguna untuk melihat target dengan jelas sebelum melepaskan bidikan. Dengan teleskop, sebuah tembakan akan menjadi lebih akurat.

Pada sebuah senapan biasanya terdapat sebuah visier, yang juga berguna untuk membantu membidik target secara lurus jika tidak ada teleskop. Namun tetap saja menurut saya sebuah senapan wajib di lengkapi dengan teleskop. Apalagi jika sedang berburu binatang dengan jarak tembak yang jauh. Jika tidak menggunakan teleskop, akan sulit sekali untuk melihat dan mengunci target buruan.

teleskop senapan angin pemula terbaik
Visier pada senapan

Di pasaran ada banyak sekali jenis-jenis teleskop dengan harga bermacam-macam. Nah, bagaimana tips memilih sebuah teleskop yang baik? Teleskop apa saja yang terbaik dan murah harganya? Untuk seorang penembak pemula seperti saya sendiri, teleskop merk apa yang rekomended untuk di beli? Simak ulasan dibawah ini ya.
 
 

Tips Memilih Teleskop Senapan yang Baik

 
Untuk mendapatkan sebuah teleskop yang baik dan pas di hati, beberapa hal di bawah ini bisa menjadi pertimbangan Anda.

1. Jenis senapan angin


Pertimbangan pertama dalam membeli teleskop adalah kesesuaian dengan senapan angin Anda. Teleskop itu nantinya akan dipasang pada senapan angin Anda dan sebaiknya tidak dipindah-pindahkan ke senapan lain agar tidak repot saat setting zeroing teleskop. Maka teleskop yang Anda beli harus sesuai dengan senapan Anda.

Jika senapan anda mampu menembak efektif sampai jarak 50 meter, jangan membeli teleskop yang optimal hanya di jarak 32 meter. Sebab nanti tidak akan nyaman. Kecuali Anda memiliki memang memiliki keahlian yang mumpuni untuk menyesuaikan settingan teleskop terhadap senapan.

Pada beberapa jenis senapan, ada yang mengalami recoil atau getaran akibat gerakan per atau spring dalam mekanisme pemicu. Pada senapan berpower besar, yang fps nya tinggi, mungkin akan ada sedikit getaran saat melontarkan peluru. Nah, jika senapan Anda tergolong seperti diatas, maka anda perlu memilih teleskop yang kokoh dan stabil. Namun jika tidak, Anda bisa memilih teleskop dengan fokus pertimbangan yang lainnya.

Dari aspek estetika, jika senapan Anda berukuran kecil, jangan membeli teleskop yang berukuran besar, sebab nanti bentuknya akan tampak aneh. Pilihlah teleskop yang ukurannya serasi dengan senapan anda.

2. Harga


Sebelum membeli teleskop, tetapkan terlebih dahulu berapa budget yang Anda siapkan untuk membeli barang ini. Ini penting agar Anda tidak menghabiskan waktu untuk mencari tahu teleskop yang sebenarnya tidak masuk dalam budget Anda.

Harga teleskop beraneka ragam. Mulai dari yang murah sampai yang mahal. Mulai dari harga ratusan ribu sampai puluhan juta. Range nya sangat luas kan? Maka dari itu penting untuk Anda menetapkan budget terlebih dahulu. Dengan demikian, pilihan teleskop yang bisa Anda beli akan lebih terarah.

3. Lensa


Lensa juga penting menjadi pertimbangan dalam memilih teleskop, sebab sangat menentukan kenyamanan Anda nantinya sebagai pengguna. Pastikan Anda memilih teleskop dengan lensa yang bersih, tajam dan jernih.

Sama halnya saat hendak membeli kacamata. Anda tentu tidak suka dengan kaca mata yang buram kan? Lensa yang buram akan sangat mengganggu penglihatan Anda. Lensa pada teleskop pun demikian adanya.

4. Retikel / Crosshair


Jika Anda memegang sebuah teleskop dan melihat kedalamnya, Anda akan menemukan tanda + di dalam teleskop. Tanda ini disebut retikel. Kadang juga disebut crosshair oleh sebagian orang.

Menurut beberapa sumber yang saya baca, ada dua model retikel pada teleskop, yaitu model duplex dan mil dot. Perbedaannya tampak pada gambar berikut.
 
teleskop terbaik untuk penembak pemula
Pilihan yang baiknya, kembali kepada Anda sebagai pemakai. Pilihlah teleskop dengan model retikel yang menurut Anda nyaman. Saya sendiri memilih teleskop dengan retikel mil dot sebab retikel model ini dengan titik-titiknya memudahkan saya untuk menghitung akurasi tembakan.

5. Diameter lensa dan Kemampuan Zoom


Teleskop di pasaran tersedia dalam beragam diameter lensa dan tingkatan zoom. Untuk mengetahui diameter lensa dan kemapuan zoom sebuah teleskop, Anda bisa memeriksa pada bodi teleskop atau di manual book teleskop tersebut.

Semakin besar diameter dan kemampuan zoom sebuah teleskop, maka biasanya akan semakin bagus juga teleskop tersebut dalam mendukung kenyamanan menembak. Sebanding dengan itu, harganya pun semakin mahal.

6. Turet


Turet pada teleskop berfungsi untuk mengatur posisi retikel. Bagian ini juga penting untuk menjadi pertimbangan memilih teleskop.
 
Turet yang bagus adalah turet yang tidak terlalu sulit diputar tetapi juga tidak terlalu mudah. Jika turet terlalu sulit di putar terlalu sulit, kita akan kesulitan saat hendak memutar turet untuk menyesuaikan retikel. Sebaliknya, jika turet terlalu mudah di putar, bisa saja turet berputar tanpa sengaja saat mengenai suatu benda atau bergesekan di dalam tas senapan. Nah, jika turet berputar tanpa sengaja, retikel akan bergerak, dan akurasi tembakan Anda bisa ngawur nantinya.

Untuk mengantisipasi ini sebenarnya beberapa teleskop sudah menyediakan penutup turet atau pengunci agar turet tidak berputar setelah di setting. Namun menurut saya sebaiknya Anda membeli teleskop yang nyaman diputar saja. Terlalu longgar tidak bagus.
 
 

Rekomendasi Teleskop Senapan Terbaik untuk Pemula

 
Jika Anda pemula seperti saya, baru mulai belajar menembak, saran saya sebaiknya Anda tidak perlu membeli senapan dan juga teleskop yang terlalu mahal. Saya sendiri saat ini hanya mempunyai sebuah senapan uklik yang murah meriah. Hehe

Untuk teleskop, ada beberapa merek yang banyak tersedia di pasaran yang menurut saya cukup bagus di gunakan untuk penembak pemula.

1. Bushnell 3-9X40 EG

teleskop terbaik untuk penembak pemula
 
Teleskop Bushnell 3-9X40 EG bisa anda dapatkan di pasaran dengan harga Rp.225.000 saja. Dengan harga itu Anda telah memiliki sebuah teleskop dengan kualitas yang cukup bagus untuk pemula. Bushnell 3-9X40 EG menggunakan retikel model mil dot dengan pilihan lampu merah, hijau, dan biru. Teleskop ini juga telah dilengkapi dengan mounting dan sebuah kunci L dalam paket pembeliannya.

2. Spike 3-9X40 EG

 
teleskop terbaik untuk penembak pemula

Teleskop Spike 3-9X40 EG adalah salah satu teleskop yang banyak digunakan penembak pemula. Telekop ini menurut saya sangat pas dipasangkan dengan senapan uklik. Saya sendiri menggunakan teleskop ini untuk senapan uklik saya, Canon Magnum 808 dan tampak serasi. Namun dipasangkan pada senapan PCP pun masih serasi. Harga teleskop ini di pasaran yaitu Rp. 350.000.

3. Discovery VT-R 3-9X40

 
teleskop terbaik untuk penembak pemula

Discovery VT-R 3-9X40 menawarkan sebuah teleskop dengan lensa yang sangat jernih dan bening. Dalam paket pembelian juga telah disertakan sebuah mounting double baut yang tentunya akan sangat kokoh terpasang pada senapan. Teleskop ini di pasaran di hargai di angka Rp. 550.000.

4. Discovery VT-R 4-16X42 SIFR

 

Jika Anda ingin menaikkan budget sedikit lagi di harga Rp. 770.000, saya merekomendasikan teleskop Discovery VT-R 4-16X42 SIFR untuk Anda beli. Teleskop ini bagi saya sangat menarik. Memiliki diameter lensa depan 42 mm, teleskop ini bisa mencapai 4-16 kali optikal zoom dengan lensa yang jernih.

Yang lebih menarik bagi saya yaitu sistem paralax samping pada teleskop ini dengan roda paralax yang besar. Roda paralax ini menjadikan bodi teleskop tampak lebih garang.

*  *  *

Demikianlah rekan-rekan. Teleskop adalah mata pada sebuah senapan. Tanpa mata yang bagus, Anda akan kesulitan untuk menembak dengan akurat. Pilihlah teleskop yang berkualitas tapi dengan harga yang tidak membebani hidup. Beberapa teleskop di atas bisa menjadi pilihan Anda. Selamat menembak rekan-rekan. Jika Anda berburu, jadilah pemburu yang bijak dan bertanggung jawab. Salam satu laras !

Bagikan ke teman-teman anda

2 comments

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done