Rekomendasi Senapan Uklik Terbaik Untuk Penembak Pemula - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Monday, 16 March 2020

Rekomendasi Senapan Uklik Terbaik Untuk Penembak Pemula

Akhir-akhir ini saya sedang menyukai sebuah hobi baru: menembak burung dengan senapan angin. Hobi yang kontroversial ini diawali oleh keresahan masyarakat di desa saya di pegunungan Sulawesi Barat terhadap serbuan hama yang makin masif dan sangat merusak tanaman. Hama yang banyak menyerbu tanaman warga di desa saya yaitu babi hutan, monyet, tupai dan beberapa jenis burung seperti burung pipit, tekukur, belibis, dan lain-lain. 

Babi hutan menggasak kebun jagung di malam hari, menggali akarnya dan memakan buahnya. Siang hari bergantian monyet dan burung. Burung pipit dan tikus senang memakan buah padi di sawah dan gerombolan tupai menggerogoti buah pisang sebelum panen. Di desa saya, tak ada tawar menawar bahwa hewan-hewan ini adalah musuh. Mereka mengancam penghidupan warga.


rekomendasi senapan uklik penembak pemula

Masyarakat di desa saya turun temurun memerangi hama-hama ini dengan berbagai cara. Ada yang membuat jerat, menabur racun, dan salah satu yang paling efektif adalah dengan menembak. Warga membeli senapan-senapan angin dengan kaliber yang legal dan diizinkan oleh hukum untuk memburu hewan pengganggu ini agar berkurang populasinya atau minimal menjauh dari kebun. Lama kelamaan saya pun ikut tertarik membeli senapan angin. Selain bermanfaat untuk memburu hama, kegiatan menembak ternyata juga cukup menyenangkan.

Baca Juga:


Jenis Senapan Angin


Berbicara soal senapan angin, kita mengenal dua jenis senapan angin yang banyak beredar di kalangan penembak. Pertama adalah senapan pompa tangan atau uklik. Pada senapan uklik, tekanan tabung untuk mendorong peluru didapatkan dengan memompa menggunakan tangan secara manual. Tuas pompa tangan menyatu dengan bodi senapan.

Karena pengisian tabungnya yang masih manual, kecepatan peluru yang dihasilkan juga tidak begitu besar. Kecepatan peluru pada senapan dikalangan penembak dikenal dengan istilah FPS, singkatan dari satuan kecepatan britis, feet per second. Senapan uklik umumnya bisa mencapai kecepatan peluru pada range 600-900 fps, tentunya bergantung pada merk senapan dan jumlah pemompaan yang diberikan. Senapan uklik hanya bisa menembak sekali saja setiap kali pemompaan.

Senapan Uklik via tokopedia.com

Jenis senapan angin yang kedua yaitu senapan precharged pneumatic atau lebih dikenal dengan istilah senapan PCP. Senapan PCP mengisi tabung udara dengan menggunakan sumber pengisian dari luar, tidak berada pada bodi senapan. Pengisian udara bisa dilakukan dengan menggunakan pompa khusus PCP, menggunakan kompresor udara, atau menggunakan tabung scuba yang bertekanan.

Senapan PCP via bukalapak.com

Karena tampungan tabungnya yang besar, senapan PCP dapat menembak sampai puluhan kali dalam sekali pengisian tabung, bergantung pada setingan senapan PCP tersebut. Senapan jenis ini paling banyak digunakan oleh penembak-penembak di Indonesia.



Pilih Senapan Uklik atau Senapan PCP?


Dari dua jenis senapan diatas, Uklik atau PCP, manakah yang terbaik? Bagi anda yang hendak membeli senapan untuk pertama kalinya, saya sarankan anda memilih senapan jenis uklik atau senapan pompa tangan. Senapan pertama anda ini mungkin akan anda gunakan untuk belajar memegang dan membawa senapan, belajar menembak pertama kali, belajar memahami setingan teleskop, dan mulai menembak target kecil. Jika benar demikian, maka senapan uklik akan menjadi pilihan yang tepat. 

Berikut ini adalah beberapa hal untuk menjadi pertimbangan anda memilih senapan uklik dibandingkan senapan PCP.

1. Harga Murah

Senapan uklik bisa anda dapatkan dengan harga yang jauh lebih murah dari senapan PCP. Harga senapan uklik di pasaran adalah Rp. 400.000 sampai Rp. 1.800.000, tergantung dari merek dan kelengkapan senapan. Harga ini cukup bersahabat bagi penembak pemula terlebih bagi anda yang masih setengah-setengan mau belajar menembak.

2. Power dan Akurasi Cukup Baik

Dengan harga yang tidak sampai menghancurkan tabungan, senapan uklik sudah memiliki power dan akurasi yang baik, namun tentu saja kembali bergantung pada pemilihan senapan. Senapan uklik umumnya efektif pada jarak 20-40 meter, namun jika skil menembak dan penyesuaian teleskop baik maka pada jarak lebih jauh pun masih cukup kuat. 

Power senapan uklik yang didapatkan dengan pompa tangan mampu untuk melumpuhkan target kecil hingga medium, seperti burung, tikus, ayam hutan, atau biawak. Untuk target yang lebih besar pun tak menutup kemungkinan. Jika diarahkan ke titik vital target, maka peluru senapan uklik sanggup merobohkan hewan besar seperti babi hutan. Selain power senapan, kemampuan melumpuhkan target juga sangat bergantung pada skil penembaknya.



rekomendasi senapan uklik penembak pemula

3. Simple dan Ringan

Senapan uklik bentuknya simple, lebih kecil, dan umumnya lebih ringan dibandingkan senapan PCP. Dengan senapan uklik anda bisa bergerak leluasa tanpa kesulitan di lokasi menembak sambil membawa senapan.

4. Tidak Butuh Alat Tambahan

Senapan uklik tidak memerlukan alat tambahan untuk mengisi udara dalam tabung. Cukup menggunakan pompa tangan yang terdapat pada senapan tersebut. Dengan demikian, cukup dengan membawa peluru dan unit senapan, anda sudah bisa berangkat menembak selama apapun anda mau.

Beda halnya jika anda menggunakan senapan PCP. Jika hendak pergi menembak dalam jangka waktu yang lama, selain mambawa unit senapan dan peluru, anda perlu membawa serta alat pengisi tabung. Lumayan repot kan?

Baca Juga:

Rekomendasi Senapan Uklik Terbaik


Ketika pertama kali saya hendak membeli senapan angin, seperti biasa saya melakukan riset yang mendalam, sebab harga senapan ini untuk saya lumayan besar. Saya tak butuh waktu lama untuk memutuskan memilih senapan jenis uklik menjadi senapan pertama saya dengan pertimbangan yang sudah saya jelaskan diatas. Pertimbangan berikutnya, diantara banyaknya model dan merek senapan uklik yang beredar di pasaran, senapan uklik manakah yang terbaik?

Bagi saya, pertimbangan untuk memilih model senapan uklik yaitu: power, akurasi, bahan, dan keindahan senapan. Power dan akurasi jelas adalah pertimbangan pertama. Apa gunanya punya senapan jika lontaran pelurunya lemah atau arahnya tak menentu. Selanjutnya, bahan setiap bagian senapan harus bagus dan kuat. Mulai dari tabung udara, laras, hingga popor senapan. Pertimbangan terakhir yaitu senapan harus mempunyai sisi estetika yang baik dan elok dipandang mata.

rekomendasi senapan uklik penembak pemula

Setelah membaca banyak referensi, menonton video review dari beberapa rekan pecinta senapan dan mengecek harga jual senapan baik secara online maupun di toko, berikut ini adalah beberapa senapan uklik yang saya rekomendasikan untuk anda, terutama jika anda adalah penembak pemula dan hendak membeli senapan pertama anda.


1. Sharp Tiger Long Truglo

Saya harus menempatkan senapan Sharp Tiger Long Truglo di posisi pertama. Senapan uklik ini sangat populer dan banyak digunakan oleh penembak di tanah air.



Mengenai spesifikasi senapan ini bisa anda baca di banyak referensi. Yang menarik bagi saya pada senapan ini adalah ukiran khas pada popor kayu senapan dan adanya trugglo pada bagian visier senapan. Visier adalah semacam kekeran pada senapan untuk meluruskan pandangan pada target. Visier biasanya dipakai jika kita tidak menggunakan teleskop. Nah, truglo pada visier Sharp Tiger Long Truglo mengeluarkan cahaya saat gelap sehingga akan lumayan membantu saat digunakan menembak malam hari.

Sharp Tiger Long sudah menyediakan tempat memasang peredam suara diujung laras, dan juga siap dipasangkan dengan teleskop dengan mounting yang tersedia di posisinya. Senapan ini juga sudah memiliki safety trigger untuk menjaga kemungkinan pemicu tidak sengaja ditembakkan.

Sharp Tiger Long di pasaran saat ini dihargai di kisaran Rp.850.000 hingga Rp.1.300.000. Harga yang sangat bersahabat untuk kualitas senapan uklik dengan desain klasik dan nama yang begitu populer.

Baca Juga:

2. Sharp Gofful Night Fury

Senapan uklik berikutnya yang saya rekomendasikan untuk dibeli oleh penembak pemula yaitu Sharp Gofful Night Fury. Dari semua senapan yang saya sebutkan disini, mungkin Sharp Gofful Night Fury adalah senapan yang memiliki power paling besar.
gofful night fury terbaik

Senapan Sharp Gofful Night Fury memiliki laras baja yang panjang, sekitar 63 cm dengan tabung udara berdiameter besar, 25 mm. Di kalangan penembak, senapan ini sudah terbukti mampu menumbangkan target besar sekalipun. Kata beberapa teman, senapan Gofful Night Fury ini adalah senapan uklik rasa PCP. 

Sharp Gofful Night Fury juga telah dilengkapi dengan tempat pemasangan peredam suara dan mounting teleskop. Dengan warna khas hitam pekat, senapan ini pas bagi anda yang menyukasi warna gelap nan penuh misteri.

Dipasaran, Sharp Gofful Night Fury dijual dengan harga Rp. 1.100.000 sampai Rp. 1.800.000, harga yang tampak tidak berlebihan untuk sebuah senapan uklik dengan power besar.

3. Canon 808 Magnum

Senapan terakhir yang masuk dalam rekomendasi saya yaitu Canon 808 Magnum. Senapan inilah yang akhirnya membulatkan tekad saya untuk memiliki senapan angin.

Canon 808 Magnum via canon-air.com

Canon 808 Magnum diproduksi di Surabaya, dibekali dengan tabung udara berdiameter 22 mm berbahan kuningan. Senapan ini memiliki akurasi dan power yang cukup baik di kelas senapan uklik. Namun saya memilih senapan ini lebih karena modelnya yang menurut saya sangat elegan.

Canon 808 Magnum telah belasan tahun lalu beredar di kalangan penembak di Indonesia. Ia adalah penyempurnaan dari senapan produksi Canon sebelumnya yaitu Canon 707 Super Deluxe. Senapan ini dalam beberapa tahun produksi, tetap mempertahankan model dan ukiran kayu pada popornya yang klasik. Beberapa tahun belakangan, unit senapan ini mulai langka di pasaran.

Untuk mendapatkan senapan Canon 808 Magnum anda harus merogoh dompet dari Rp. 1.300.000 sampai Rp. 1.500.000. Dalam paket pembelian anda akan mendapatkan satu unit peredam dan satu unit teleskop. Dengan demikian, harga tersebut menurut saya sangat pas di hati untuk sebuah senapan legendaris yang mungkin saja dalam beberapa tahun lagi tidak di produksi lagi. 

Baca Juga:

Ulasan


Memilih senapan untuk pertama kali sangat menyenangkan dan perlu pertimbangan matang. Sama halnya saat kita pertama kali membeli kendaraan. Kita ingin yang terbaik, ekonomis, dan membanggakan untuk digunakan bersama teman-teman sehobi. Jika anda menembak untuk melawan hama seperti saya, maka senapan inilah yang nantinya akan mendampingi anda membidik hewan-hewan pengganggu yang menjengkelkan. Anda tentu tak ingin, suatu saat anda menjumpai hewan hama yang sudah lama anda intai, anda sudah berada di posisi yang baik untuk membidik, tapi target malah lari dan kabur ke hutan karena senapan anda banyak masalah.

Sekali lagi pilihlah senapan jenis uklik atau pompa tangan, jika ini adalah senapan pertama anda. Rekomendasi senapan uklik saya yaitu Sharp Tiger Long Truglo, Sharp Gofful Night Fury, atau Canon 808 Magnum. Senapan-senapan ini menurut saya adalah yang terbaik di kelas senapan uklik, dan sangat cocok untuk kita, penembak pemula.
 
Bagi rekan-rekan pembaca yang ingin berbagi info seputar berburu dan menembak atau sekedar bertegur sapa, bisa DM Instagram saya ya. Salam satu laras ! Hehe

Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done