Metode Kandang Terbaik dalam Budidaya Ayam KUB - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Sunday, 5 April 2020

Metode Kandang Terbaik dalam Budidaya Ayam KUB


Ayam KUB adalah jenis ayam kampung yang dihasilkan dari penelitian Badan Litbang Pertanian Indonesia. Ayam hasil persilangan ini memiliki karakter asli ayam kampung, namun memiliki keunggulan dibanding ayam kampung biasa yang tanpa seleksi.

Dari segi produktifitas, ayam KUB mampu menghasilkan telur 130-180 butir pertahun, unggul jauh dari ayam kampung biasa yang umumnya hanya di angka 60-80 butir telur pertahun. Disamping itu, ayam KUB memiliki sifat mengeram yang lebih rendah, sehingga memungkinkan untuk mempercepat periode budidaya.

Ditengah semakin tingginya permintaan pasar terhadap daging ayam kampung asli, budidaya ayam KUB adalah peluang ekonomi yang menjanjikan.

Baca Juga: 
Salah satu bagian yang memegang peran krusial dalam setiap usaha ternak adalah perkandangan. Demikian halnya dalam budidaya ayam KUB. Perlu pengetahuan yang komprehensif tentang metode kandang ayam KUB yang sesuai, agar budidaya yang dijalankan memberi hasil yang maksimal.

Bentuk kandang yang efektif dalam budidaya ayam sangat ditentukan oleh skala usaha, besar atau kecil. Skala usaha akan menentukan berapa jumlah populasi ayam dalam kandang nantinya.

Lantas bagaimana metode kandang yang baik untuk ayam KUB? Apa saja jenis kandang yang harus disiapkan? Apakah kandang ayam KUB berbeda untuk setiap fase umur ayam?

Berikut ini adalah metode kandang ayam KUB yang saya kumpulkan dari beberapa referensi. Semoga saja bisa memberi inspirasi bagi anda yang ingin memulai usaha budidaya ayam unggulan ini. 


Kandang Ayam KUB Fase DOC


DOC (day old chicken) adalah anak ayam berumur sehari. Pada fase ini anak ayam KUB baru ditetaskan dari telur baik secara alami dari induknya ataupun menggunakan mesin penetas. Fase DOC adalah masa yang retan bagi ternak ayam jenis apapun, sebab ayam belum mampu menahan dingin dan belum memiliki kekebalan tubuh yang baik. 

Ayam KUB sebaiknya dipelihara di pelihara di dalam kandang DOC selama 0 - 4 minggu.




Untuk budidaya ayam KUB dengan populasi kandang diatas 500 ekor DOC, saya rekomendasikan menggunakan kandang koloni, baik model panggung ataupun postal. Dengan kandang tersebut, menurut saya akan lebih efisien.

Kandang koloni pada fase DOC harus dilengkapi dengan penghangat kandang yang sesuai, dinding kandang yang tidak tembus angin, dan lantai kandang yang kering. Kandang harus dialasi dengan sekam atau serbuk gergaji untuk mengatasi dampak kotoran ayam nantinya. Selain itu, kandang harus menyediakan sekat untuk mengatur kepadatan kandang.

kandang doc ayam kub
Kandang DOC model box ayam KUB via youtube.com

Jika populasi budidaya dibawah 500 ekor DOC saya sarankan untuk menggunakan kandang model box. Kandang  bisa dibuat dengan menggunakan papan atau tripleks sebagai dinding. Perhatikan tingkat kepadatan ayam di dalam kandang dan lakukan penyesuaian sesuai tingkatan umur.

Baca Juga:

Kandang Pembesaran Ayam KUB


Setelah melewati umur 0-4 minggu di kandang DOC, ayam KUB selanjutnya dipindahkan ke kandang pembesaran. Di kandang pembesaran ini ayam akan bertahan sampai tiba masa panen di umur 12-16 minggu.

Untuk ayam KUB yang menggunakan kandang koloni di fase DOC tidak perlu lagi dipindahkan. Cukup memperluas area dengan mengatur sekat pembatas. Pada fase ini, ayam telah mampu menahan dingin untuk cuaca normal, sehingga tidak membutuhkan penghangat lagi. Dinding kandang pun sudah bisa dibiarkan terbuka untuk sirkulasi udara.

kandang koloni ayam kub
Kandang pembesaran model koloni via youtube.com

Namun dinding kandang harus memungkinkan untuk ditutup kembali jika cuaca sedang tidak baik. Misalnya musim hujan, atau angin kencang. Kondisi kandang yang lembab akan memicu munculnya penyakit. Dengan pertimbangan buka tutup tersebut, kandang koloni sebaiknya menggunakan layar dari terpal atau plastik yang bisa digulung dan dibentangkan kembali.

Kepadatan kandang pada fase pembesaran yaitu 10 ekor ayam per meter persegi. Kepadatan ini bertahan sampai masa panen. Jika menggunakan kandang koloni, ukuran kandang 5x10 meter saja sudah cukup untuk menampung 500 ekor ayam KUB dewasa.


kandang pembesaran ayam kub
Kandang pembesaran model box via youtube.com

Untuk budidaya yang menggunakan kandang box, seperti yang biasa terdapat di rumah-rumah, hanya bisa menampung ayam KUB dalam jumlah kecil pula. Misalkan kandang berukuran 1x2 meter, idealnya hanya bisa menampung 20 ekor ayam KUB dewasa.



Kandang Ayam KUB Petelur


Ayam KUB memasuki fase bertelur di umur 20-22 minggu. Agar bisa bertelur, ayam KUB betina harus dipertemukan dengan pejantan, baik secara alami maupun melalui inseminasi buatan. 

Jika menggunakan cara perkawinan alami, ayam betina dan jantan harus ditempatkan dalam kandang bersama-sama. Perbandingan jantan dan betina dalam kandang petelur alami adalah 1 ekor jantan berbanding 9 ekor betina.

kandang ayam kub petelur

Di dalam kandang sebaiknya disediakan media untuk induk ayam bertelur agar telurnya tidak berceceran didalam kandang. Media bertelur harus kering dan nyaman bagi induk ayam.

Jika ingin menggunakan metode inseminasi buatan, maka induk ayam dan pejantan boleh ditempatkan dalam kandang terpisah sebab perkawinan akan dilakukan dengan bantuan manusia. Kandang ayam betina bisa dibuat berbentuk kandang baterai, agar lebih mudah dalam memberi pakan dan mengumpulkan telur.

Baca Juga:

Ulasan


Ayam KUB adalah ayam kampung unggulan yang memiliki banyak kelebihan dibandingkan ayam kampung biasa yang tanpa seleksi. Jenis ayam ini bisa menjadi pilihan bagi peternak yang ingin membididayakan ayam kampung asli, namun menginginkan produktifitas yang lebih tinggi.

Dalam menentukan metode perkandangan, harus berdasarkan jumlah populasi yang akan dibudidayakan. Untuk populasi besar, sebaiknya menggunakan bentuk kandang koloni, sebab akan lebih efisien dan ekonomis.

Budidaya ayam KUB secara intensif dengan metode perkandangan yang benar dapat menjadi sumber ekonomi yang berkesinambungan, mengingat pangsa pasar ayam kampung yang masih sangat luas. Selamat beternak ayam KUB !

Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done