Memilih Stroller Terbaik untuk Anak - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Tuesday 7 July 2020

Memilih Stroller Terbaik untuk Anak

Stroller sepertinya telah menjadi barang yang wajib di miliki oleh pasangan suami istri yang mempunyai anak, terutama jika anaknya masih balita. Ya, kereta dorong beroda dengan kasur empuk didalamnya ini memang memiliki fungsi yang banyak dalam merawat si kecil. Selain untuk membuat anak balita merasa nyaman, stroller juga bisa membantu orang tua jika sedang dalam perjalanan dan capek menggendong.
Saya dan istri sepakat membeli stroller untuk anak kami. Umur anak kami sudah cukup untuk di letakkan di dalam stroller dan di ajak berjalan-jalan. Maka kami pun bergerilya mencari stroller yang paling pas untuk dibeli, terbaik dari sisi kualitas dan tentunya dengan harga yang terjangkau.


Pertimbangan Memilih Stroller


Stroller yang tersedia di pasaran saat ini ada banyak sekali merk dan modelnya dengan harga yang juga beragam. Jika anda hendak membeli stroller, anda pun pasti akan bingung hendak membeli yang mana. Anda bisa melihat jenis-jenis stroller tersebut di toko-toko online, di website produsennya, maupun langsung ke toko yang menjual perlengkapan anak.

Nah, selain pertimbangan harga, berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan anda sebelum membeli stroller.

1. Rencana pemakaian stroller


Sesuaikan stroller yang akan anda beli dengan rencana pemakaian anda nantinya. Misalkan anda membeli stroller untuk traveling bersama anak, maka pilihlah stroller yang ringan dan mudah dibawa kemana-mana. Jika traveling anda nantinya akan menggunakan pesawat, maka pilihlah stroller yang ukuran cabin size alias bisa masuk di kabin pesawat. Ukuran stroller yang terlalu besar malah akan merepotkan anda saat traveling.

Lain halnya jika anda membeli stroller untuk mengajak anak anda keliling komplek rumah saja, maka anda bisa membeli stroller yang lebih besar dan tentunya lebih berat.

Menurut saya, stroller yang besar biasanya memiliki fitur yang lebih banyak dan bentuknya lebih kokoh dibanding stroller kecil. Harganya di pasaran pun berbeda.

2. Stroller yang kuat dengan fitur keamanan lengkap


Harga stroller ini menurut saya cukup besar juga. Maka agar awet dan tak perlu membeli berulang kali, pilihlah stroller yang berbahan bagus dan kuat tapi tetap ringan. Untuk rangka, bahan aluminium pastinya lebih kuat dibandingkan bahan plastik.Kekuatan stroller juga akan memastikan anak anda aman berada didalam stroller tersebut.

Stroller yang baik seharusnya memiliki fitur keamanan yang lengkap. Misalnya sabuk pengaman untuk bayi harus nyaman, fitur rem yang handal dan mudah digunakan, serta kanopi atau atap stroller harus kuat melindungi si kecil dari sinar matahari dan angin.

3. Sesuai dengan umur dan berat badan anak


Di pasaran, ukuran stroller ini berbeda-beda pula sesuai umur anak. Ada stroller newborn sampai 3 tahun, ada yang sampai 5 tahun, dan ada pula yang sampai 6 tahun. Belilah stroller yang sesuai dengan umur dan berat badan anak anda.


Rekomendasi Stroller Anak Terbaik


Setelah saya dan istri menjelajah internet, membaca website, dan menonton review seputar stroller, berikut ini adalah stroller yang saya rekomendasikan untuk dibeli. Rekomendasi ini sifatnya subjektif ya, tentunya pendapat setiap orang berbeda-beda. Pertimbangan utama saya adalah kekuatan bahan, fitur keamanan yang mumpuni, bentuk yang keren, dan tentunya sesuai dengan budget yang kami sediakan. Check it out.

1. BabyElle 515 Matrix

memilih stroller terbaik
Stroller BabyElle 515 Matrix adalah stroller produksi BabyElle yang menyasar anak umur newborn sampai 36 bulan atau 3 tahun. Stroller ini menurut saya cukup bagus sebab bentuknya yang keren, fitur keamanan yang menggunakan 5 sabuk pengaman serta bumper bar yang tinggi. BabyElle 515 Matrix bisa menahan beban sampai 20 Kg.

Stroller ini dapat dibuka dan dilipat dengan satu tangan dan dalam paket pembelian sudah terdapat travel bag stroller yang berupa ransel. Dipasaran, stroller ini dijual dari harga Rp. 1.100.000 - Rp.1.500.000. Harga yang setara dengan kualitas yang ditawarkan.

2. Violi Drive

rekomendasi stroller terbaik

Bagaimana menurut anda bentuk stroller diatas? Sangan futuristik bukan? Ini adalah stroller Violi Drive yang diproduksi oleh Violi. Meskipun ukurannya besar namun stroller ini masih cabin size saat di lipat. Artinya masih bisa digunakan bepergian dengan pesawat.

Violi Drive juga memiliki 5 sabuk pengaman dan kasur empuk untuk kenyamanan anak. Terdapat dua lubang jaring disisi belakang dan atas yang berguna untuk melihat kedalam stroller. Rangkanya pun kokoh sehingga diklaim dapat menahan beban sampai 30 Kg. Harga stroller ini di pasaran yaitu Rp.3.300.000 - Rp.3.500.000.

Violi sebenarnya mengeluarkan stroller lain yang kurang lebih sama, yaitu Violi Travelite. Tapi saya pribadi lebih menyukai bentuk stroller Violi Drive ini.

3. Joie Litetrax 4 Flex Signature

Joie Litetrax 4 via joiebaby.com

Joie Litetrax 4 Flex adalah stroller keluaran pabrikan stroller ternama, Joie. Saya sendiri menyukai banyak stroller produksi Joie, sebab bentuknya yang tampak kokoh, rangkanya besar dan bahannya yang bagus.

Selain fitur-fitur standar yang umumnya terdapat pada stroller, Joie Litetrax 4 Flex memiliki sasis untuk keempat rodanya, sehingga mengklaim dapat meredam getaran dengan lebih baik saat digunakan berjalan. Yang paling saya suka dari stroller ini adalah kanopinya yang cukup panjang sehingga anak di dalam stroller betul-betul terhindar sinar dari luar.

Joie Litetrax 4 Flex mampu membawa anak sampai berat 15 Kg. Di pasaran stroller ini dijual pada harga Rp.2.600.000 - Rp.2.900.000.


Membeli Stroller Pilihan


Ceritanya, setelah melalui banyak pertimbangan seperti diatas, saya dan istri akhirnya sepakat untuk membeli stroller terbaik untuk anak kami dan pilihan kami jatuh pada stroller Joie Litetrax 4 Flex. Suatu hari kami berdua berangkat ke toko perlengkapan anak yang cukup lengkap di tempat kami di Makassar untuk membeli stroller dimaksud. Eh, beberapa minggu berselang kami malah memiliki stroller ini:

Ya, stroller diatas juga keluaran Joie, tapi bukan Litetrax 4 Flex Signature. Ini adalah Litetrax 4 Flex LFC Series.

Jadi ketika kami telah berada di toko, hendak membeli stroller Litetrax 4 Flex Signature tadi, saya berbincang-bincang dengan pemilik tokonya. Pemilik tokonya memberi tahu info bahwa tidak lama lagi Joie akan mendistribusikan seri stroller mereka yang terbaru, yaitu Litetrax 4 Flex LFC Series. Konon Joie menjalin kerjasama dengan Liverpool, klub juara Liga Inggris tahun ini. Jadi warnanya merah maroon sesuai warna kebanggan Liverpool.

Saya sebenarnya fans klub Chelsea. Namun karena istri saya menyukai warna merah maroon, maka akhirnya bersama pemilik toko kami sepakat menunda untuk membeli dan bersedia menunggu sampai seri terbaru stroller Joie yang ia sebutkan resmi dipasarkan di Indonesia. Saking excitednya, kami pun membayar uang muka agar segera dipesankan. Hehh.

Setelah menunggu sekitar dua minggu, stroller yang di pesan tiba di Makassar. Kualitasnya sangat baik dan sesuai dengan harapan kami.

Demikianlah. Membeli stroller untuk anak kita itu ibarat membeli kendaraan. Mesti tangguh dan memiliki fitur keamanan serta kenyamanan yang mumpuni. Sebab semua orang tua pasti menginginkan yang terbaik untuk anak kesayangannya.

Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done