Sistem Pencahayaan pada Kandang Ayam Petelur - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Monday 6 July 2020

Sistem Pencahayaan pada Kandang Ayam Petelur

Penerangan atau pencahayaan pada kandang adalah bagian yang sering disepelekan, namun fungsinya ternyata begitu krusial dalam usaha peternakan ayam petelur. Kadang peternak memasang lampu penerang seenaknya saja, asal kandang terang. Kadang juga jam untuk on-off lampu pada kandang tidak menentu, sesempatnya peternak saja. Padahal, untuk mencapai produktivitas terbaik dari usaha ayam petelur, sistem pencahayaan mesti mengikuti kaidah-kaidah yang diberikan para pakar yang telah berpengalaman di bidang ini.


Sistem pencahayaan berfungsi dalam proses penglihatan ayam sehingga berpengaruh langsung terhadap konsumsi pakan dan kenyamanan ayam. Jika kandang terlalu lama dalam keadaan gelap, target konsumsi pakan ayam tidak akan tercapai, sebab ayam tidak bisa makan dalam situasi gelap gulita. Sebaliknya, jika kandang terlalu lama terang, ayam bisa saja kekurangan waktu istirahat, sebab ayam sulit tidur dalam keadaan terang. Kurang lebih seperti itu. Selebihnya, fungsi cahaya sebenarnya lebih vital lagi pada fase umur ayam yang berbeda. Bahkan jika disepelekan, pencahayaan yang tidak optimal bisa menjadi asal muasal kerugian usaha ayam petelur.

Lalu bagaimana sebaiknya sistem pencahayaan pada kandang ayam petelur? Sama kah kebutuhan cahaya terhadap ayam dengan umur yang berbeda? Berapa jam seharusnya lampu kandang menyala dan padam?

Baca Juga:


Kebutuhan Cahaya Ayam Petelur


Kebutuhan cahaya ayam petelur berbeda untuk setiap tingkatan umur. Fungsi cahaya pada ayam petelur fase starter, grower, dan layer, memiliki peran yang tidak sama.

Berikut ini adalah tabel pencahayaan kandang terkontrol yang dikeluarkan oleh Hyline Internasional, perusahaan yang menghasilkan ayam petelur strain Hyline. Strain Hyline ini sangat banyak dikembangkan di Indonesia.

pencahayaan kandang ayam petelur

Tampak dalam tabel diatas program pencahayaan ayam petelur dari umur 1-32 minggu. Lama waktu penerangan dan intensitas cahaya berbeda-beda pada setiap periode umur.

Pada minggu pertama atau umur 0-7 hari, pencahayaan adalah sebanyak 16 jam yang diselang seling antara terang dan gelap, 4 jam terang dan 2 jam mati, dengan intensitas cahaya 30-50 lux. Program pencahayaan berselang seperti ini pada ayam umur kurang dari seminggu lebih diutamakan. Sayangnya ini hanya dapat diterapkan pada kandang dengan pencahayaan terkontrol. Pada kandang terbuka, yang terhubung dengan sinar matahari, tentu saja program ini akan sulit dilakukan, sebab sinar matahari berlangsung sepanjang hari.

Jika pencahayaan berselang tidak dapat dilakukan, maka gunakan 22 jam pencahayaan pada umur 0-3 hari, dan 21 jam pencahayaan pada umur 4-7 hari.

Selanjutnya pada minggu kedua dan seterusnya, lama pencahayaan dapat diatur sesuai tabel diatas dengan intensitas cahaya yang sesuai dengan umur ayam.

pencahayaan kandang ayam petelur


Di fase starter (0-6 minggu) cahaya hanya berfungsi sebagai penerangan saja, agar ayam bisa mengenali lingkungan serta tempat pakan dan minum.Pada fase ini, pencahayaan bisa memanfaatkan sinar matahari di siang hari dan dibantu penerangan lampu dimalam hari untuk mencukupi kebutuhan cahaya sesuai umur ayam.

Baca juga:
Pada umur 7-18 minggu, ayam berada di fase grower dimana cahaya selain sebagai penerangan, juga berfungsi sebagai pengontrol saluran reproduksi dan berat badan ayam. Pada fase ini peran pencahayaan begitu krusial.

Bagaimana pencahayaan bisa mengontrol reproduksi dan berat badan ayam?

Jika ayam pada masa grower diberi cahaya berlebihan, maka konsumsi pakan juga akan tinggi. Jika konsumsi pakan tinggi maka otomatis berat badan ayam akan naik. Kenaikan berat badan yang tidak sesuai dengan umur akan menyebabkan banyak masalah dalam usaha ayam petelur ini.

Pernahkah anda melihat ayam mengeluarkan telur yang sangat besar? Sampai-sampai ayam kesulitan mengeluarkannya? Atau pernahkah anda lihat telur keluar bercampur darah? Hal-hal ini adalah akibat dari konsumsi pakan yang tidak tepat yang diawali dari sistem pencahayaan yang tidak akurat.

Gambar tirai kandang ayam
Pemakaian layar hitam seperti diatas adalah cara mengurangi intensitas cahaya matahari pada kandang sistem terbuka. Jadi misalkan kebutuhan cahaya ayam adalah 10 jam sedangkan cahaya matahari menyinari selama 12 jam, maka untuk mengurangi dua jam digunakan layar hitam untuk menghalau sinar matahari. Untuk penggunaan layar seperti ini, harus dipastikan tidak mengganggu sirkulasi udara keluar masuk kandang.

Memasuki fase layer atau masa bertelur di umur 18 minggu pencahayaan ditambah sedikit demi sedikit dari lama pencahayaan di fase grower dengan intensitas cahaya yang merata. Pada minggu ke 31 dan seterusnya, pencahayaan merata selama 16 jam sampai ayam memasuki masa afkir.

Baca juga:


Penambahan Cahaya pada Ayam Petelur Fase Layer


Pada tabel diatas terlihat bahwa pada fase grower kebutuhan pencahayaan ayam merata yaitu 10 jam setiap hari. Ketika memasuki fase bertelur, kebutuhan cahaya bertambah, sebab ayam membutuhkan lebih banyak asupan pakan untuk bertelur.



Tampak pada tabel bahwa penambahan waktu penerangan dimulai di umur 18 minggu. Namun berdasarkan pengalaman beternak, penambahan waktu ini sebaiknya dimulai ketika sudah ada ayam yang mulai bertelur. Bisa saja sebelum umur 18 minggu, bisa juga setelah. Kadang di umur 17 minggu sudah ada ayam bertelur seekor atau dua ekor. Nah pada saat inilah waktu yang pas untuk mulai menaikkan waktu penerangan.

Penambahan waktu penerangan harus dilakukan secara bertahap setiap hari dan tiap minggu, tidak boleh mendadak. Hal ini untuk meminimalisir tingkat stres pada ayam. Misalkan hari ini 10 jam, besok 10,5 jam, dan seterusnya sampai mencapai 16 jam di umur 31 minggu.

Masa awal bertelur sampai mencapai puncak produksi adalah salah satu masa krusial dalam usaha peternakan ayam petelur. Jangan melakukan pengurangan waktu pencahayaan pada fase ini.

Baca juga:

Ulasan


Dari uraian diatas tampak betapa penting kita menaruh perhatian terhadap sistem pencahayaan pada kandang ayam petelur kita. Baik pada fase starter, grower, sampai mulai bertelur pada fase layer, ayam membutuhkan cahaya dengan waktu dan intensitas yang berbeda. Baik buruknya pengaturan pencahayaan akan berdampak langsung terhadap produktivitas ayam nantinya.

Lantas bagaimana cara memenuhi intensitas cahaya sesuai yang dibutuhkan? Berapa jumlah lampu yang sebaiknya terpasang dalam kandang? Lampu jenis apa yang baik digunakan sebagai penerangan kandang? Bagaimana cara menghitung nilai lux sebuah lampu? Silahkan simak artikel lain di blog ini ya.


Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done