Senapan Angin Terbaik Untuk Berburu Jarak Jauh - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Wednesday 2 February 2022

Senapan Angin Terbaik Untuk Berburu Jarak Jauh

Senapan angin apa yang terbaik untuk jarak jauh? Pertanyaan inilah yang paling banyak ditanyakan pembaca blog ini. Merek apa yang bagus? Apakah senapan yang bagus untuk menembak jarak jauh harus mahal?


Oke, rekan-rekan pecinta senapan angin, bisa saya katakan bahwa tidak ada merek senapan yang paten pasti bagus digunakan untuk long range shoot. Apalagi jika senapan lokal buatan dalam negeri yang mungkin belum memiliki lisensi standar kualitas.

senapan angin terbaik jarak jauh

Senapan untuk menembak jarak jauh harus mumpuni dalam dua hal: power dan akurasi. Power datang dari tekanan tabung yang besar. Sementara akurasi didapatkan dari kualitas senapan, mekanisme senapan, dan stabilitas peluru atau mimis.

Semua hal yang berpengaruh di atas saling berkaitan dan dapat berbeda-beda sesuai setingan senapan masing-masing pemilik senapan.

Misalnya ada yang menggunakan senapan berkualitas bagus tapi mimisnya tidak cocok, maka akurasinya bisa jadi jelek. Lalu ada juga orang yang hanya menggunakan senapan uklik tapi larasnya bagus dan mimisnya tepat, maka akurasinya jadi bagus. Begitulah kira-kira.


Well, meski tidak ada merek senapan yang paten untuk jarak jauh, namun kita sebagai penghobi senapan bisa memilih senapan angin yang tepat berdasarkan pengalaman.

Berikut ini ada beberapa kriteria senapan angin jarak jauh menurut saya. Ini bisa menjadi tips bagi Anda yang berminat membeli senapan angin untuk digunakan berburu jarak jauh.


1. Bagian-bagiannya presisi


Senapan angin untuk jarak jauh sebaiknya memiliki bagian-bagian yang presisi. Misalnya untuk chamber, ulir chamber, laras, tabung, dan trigger.

Senapan yang presisi biasanya di buat menggunakan mesin yang canggih, bukan secara manual. Untuk chamber, sebaiknya dibuat dengan mesin CNC, bukan bubut manual.

Bagitupun dengan ulir. Jika ulir tidak rapi, maka bisa saja arah pasangnya bengkok. Jadinya arah peluru jadi bengkok juga.


2. Menggunakan laras panjang dan berkualitas


Semakin panjang laras, maka biasanya semakin bagus pula akurasi senapan. Maka jika Anda ingin menembak jarak jauh, gunakan laras yang berukuran panjang.

Panjangnya berapa? 60 centimeter sudah cukup panjang. Ukuran laras 60 cm banyak di jual di toko-toko online.

senapan angin jarak jauh

Selain panjang, gunakanlah laras yang berkualitas tinggi. Alur laras yang rapi sangat menentukan akurasi senapan.

Kita tentu tidak bisa membandingkan akurasi antara laras Lotthar Walter yang mahal dengan laras buatan lokal. Tentu tidak imbang.


3. Tidak menggunakan pengikat laras


Laras senapan yang terhubung ke chamber biasanya diikat pada bodi senapan atau pada tabung angin dengan baja berbentuk cincin. Para bediler biasa menyebutnya cincin laras.

Cincin Laras

Nah, ikatan pada laras biasanya membuat laras malah jadi tidak lurus terhadap chamber. Kalau untuk jarak dekat ini mungkin tidak begitu berpengaruh. Namun untuk jarak jauh menurut saya harus diperhatikan.

Saya sendiri lebih suka menggunakan senapan dengan laras yang bebas, tidak diikat dengan cincin laras.


4. Menggunakan peredam yang presisi


Selain bagian bodi senapan yang harus presisi, aksesoris seperti peredam juga harus bagus. Peredam yang di pasang di ujung laras biasanya juga berpengaruh terhadap akurasi senapan.

Jika peredamnya miring, maka akan mengacaukan arah peluru keluar dari laras. Maka menurut saya, peredam harus bagus dan presisi.


5.  Menggunakan mimis yang tepat


Mimis yang keluar dari laras akan terkena hambatan berupa angin dan gravitasi bumi sehingga lama-kelamaan powernya makin berkurang lalu jatuh ke tanah jika belum mengenai target.


Semakin berat mimis, maka semakin kuat pula ia mempertahankan posisinya di lintasan peluru saat ditembakkan keluar dari laras.

Saya sudah pernah mengulas cara memperoleh mimis terbaik untuk menembak jarak jauh disini. Anda bisa membacanya kembali jika berkenan.


Itulah beberapa catatan saya tentang senapan angin terbaik untuk berburu jarak jauh. Saya berharap semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda yang hendak membeli sepucuk senapan angin.

Apakah Anda punya pengalaman menggunakan senapan untuk menembak jarak jauh? Sejauh apa? Ceritakan di kolom komentar ya.

Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done