Trip ke Pulau Togean - Kapal Ampana ke Kadidiri - Fachrul Hidayat
News Update

Thursday 31 August 2017

Trip ke Pulau Togean - Kapal Ampana ke Kadidiri

Ini 31 Agustus 2017, tepat 9 Dzulhijjah. Besok adalah hari raya Idul Adha 1438 H dan malam ini kami ber-10, teman-teman kerja di proyek Poso, sudah berada dalam perjalanan menuju Ampana, kota di pinggir selat Sulawesi. Terencana dalam 3 hari kedepan kami akan mengambil jatah berlibur dari penatnya pekerjaan proyek untuk berkunjung ke kepulauan Togean, tempat berlibur yang kurang hits di Indonesia tapi membahana sampai ke mancanegara. Sampai tadi siang kami rencananya mau naik sepeda motor saja, tapi entah anugerah dari mana tiba-tiba bos di proyek menawarkan pakai mobil operasional kantor. Jadi kami dengan senang hati sangat setuju.

Alunan lirik-lirik lagu mas Duta Sheila on 7 menemani saya mengemudikan Toyota Avanza baru tipe E melaju santai menerobos jalan trans sulawesi, dari kota Tentena, Kabupaten Poso. Bersama saya 5 orang teman dan sisanya 4 orang lagi di mobil sebelah, mobil pribadi milik teman. Kami tadi meninggalkan Tentena sekitar pukul 20.00 setelah sebelumnya menyantap makan malam berupa mie ayam. Perjalanan ke Ampana lumayan lancar, kendaraan lain tidak begitu ramai. Jalan raya mulus, tapi sesekali ada lubang menganga di tengah jalan.
Jam tangan membaca angka 00.02, pukul 12 malam kami memasuki kota Ampana. Saya menelpon teman untuk meminta alamat. Sebelumnya kami sudah kontak salah satu teman yang tinggal di Ampana untuk ijin menginap di rumahnya. Bagi teman-teman yang datang kesini dan tak punya kenalan, di kota Ampana tersedia beberapa penginapan. Tinggal tanya saja ke orang-orang disana jika sudah sampai. Harga 150 ribuan permalam. Saya ingat jaman mahasiswa, jalan sama teman-teman begini selalu bawa tenda. Jadi nginap dimana saja jadi. No room no problem.

Kepulauan Togean tujuan jalan-jalan kami ini terletak di bagian selatan perairan teluk Tomini, secara administratif berada di wilayah kabupaten Una-Una, provinsi Sulawesi Tengah. Gugusan kepulauan yang terus didatangi turis ini terdiri dari 6 pulau besar dan puluhan pualu-pulau kecil. Pulau-pulau inilah yang menawarkan destiansi wisata yang menarik bagi para pengunjung. Jadi tinggal pilih mau ambil penginapan di pulau mana, sesua dengan tebal dompet tentunya. Pulau terbesar yaitu Wakai, sekaligus menjadi pulau transit untuk mengunjungi pulau-pulau kecil yang lain.

Kota Wakai bisa diakses via laut dari pelabuhan Ampana dan bisa juga dari Gorontalo. Jika dari Ampana kita bisa menggunakan speed boat menuju Wakai. Tiket bisa dibeli di kantor pelabuhan Ampana, harga Rp. 130.000 untuk sekali perjalanan, jarak tempuh sekitar 1 jam. Rencana perjalanan hari pertama besok kami akan menyebrang dari pelabuhan Ampana, transit dan sambung perahu di pelabuhan Wakai, lalu menginap di salah satu pulau kecil andalan wisata Togenan, pulau Kadidiri.

Keesokan harinya di rumah teman, kami bersiap melaksanakan shalat Idul Adha, di mesjid desa Labuan, kota Ampana, mesjid terdekat dari tempat kami menginap yang kebetulan juga dekat dengan pelabuhan Ampana. Pagi-pagi beberapa teman sudah membeli tiket speed boat menuju Wakai. Penyeberangan ke Wakai hanya sekali dalam sehari. Pada hari-hari normal berangkat dari Ampana pukul 10.00, dan kembali lagi dari Wakai pukul 12.00. Berhubung hari ini hari raya, jadi akan berangkat pukul 13.00. Selesai shalat kami masih sempat berkeliling kota dan berkunjung ke pantai pasir putih, wisata andalan kota Ampana.

Sehabis Jumatan, kami berangkat dari pelabuhan Ampana. Setelah beberapa menit mengatur penumpang, speed boat bernama 'Hercules' tancap gas. Saya beserta rombongan yang masih enerjik dan penuh semangat sudah duduk rapi didalam ruangan kapal. Speed boat ini terdiri dari 36 seat, tapi menurut bincang-bincang saya dengan supirnya, bisa muat sampai 50 penumpang. Ada banyak turis asing di dalam kapal, ada juga wisatawan lokal.

Lumayan membosankan juga perjalanan menuju Wakai. Di goyang ombak di lautan lepas, terhempas kiri-kanan. Beberapa teman keluar untuk berfoto-foto di bagian belakang kapal. Kurang lebih satu jam kapal mulai memasuki kawasan laut dengan beberapa pulau kecil yang didominasi karang. Lalu tidak lama kemudian kapal bersandar di pelabuhan laut Wakai. Tampak rumah-rumah warga menghiasi sisi laut. Di pelabuhan ini juga terdapat kantor pelabuhan, tempat untuk membeli tiket kapal kembali ke Ampana.

Kami bergegas mengambil tas masing-masing lalu turun. Dua buah perahu motor sudah menunggu. Perahu inilah yang akan mengantar kami ke Pulau Kadidiri, tempat kami akan menginap. Sebagai informasi, penginapan di Kadidiri nanti sudah kami pesan sejak di Ampana, dan jemputan perahu ini sudah termasuk didalam layanan penginapan. Jadi tanpa banyak urusan lagi kami segera membagi diri ke dua perahu tadi dan langsung berlabuh meninggalkan pelabuhan Wakai.

Jarak tempuh ke Kadidiri sekitar 40 menit. Beberapa teman tertidur selama diatas kapal menuju Kadidiri. Saya berbincang-bincang dengan pengemudi perahu yang tampak sudah tua. Katanya dalam sehari kapal bapak ini bisa 2-4 kali bolak balik Wakai-Kadidiri. Kadang untuk mengantar tamu, ataupun sekedar mengantar barang-barang kebutuhan penginapan.
Jarum jam mendekati pukul 16.00 sore ketika kami tiba di Kadidiri. Jejeran penginapan tampak dari jauh. Belakangan saya baru tahu bahwa penginapan di Kadidiri ini ada 3 level. Yang paling ujung dan paling mahal adalah Paradise Cottage. Konon kabarnya kamar paling murah disana seharga 500 ribu permalam. Entah benar atau tidak soalnya saya juga tidak sempat bertanya ke pihak penginapan. Kebanyakan yang menginap di Paradise adalah turis-turis. Penginapan kedua yang ditengah namanya Black Marlin. Setingkat dibawah Paradise. Saya lihat di Black Marlin ini tersedia dive corner, tempat untuk menyewa alat-alat selam yang lengkap. Penginapan yang paling murah adalah Pondok Lestari. Ini betul-betul terjangkau biaya menginapnya. Rp 160.000 untuk kamar mandi luar dan Rp 250.000 yang kamar mandi dalam, include makan 3 kali sehari dan coffee corner sepuasnya.
Dan coba tebak teman-teman, kami pilih penginapan yang mana?

Betul. Karena kami ini anak-anak muda baik dan tak suka boros, kami sepakat di penginapan 160 ribu pondok Lestari, termurah sepulau Kadidiri. Haha

Berfoto di halaman pondok Lestari

Bagitu tiba di daratan pulau Kadidiri, kami segera menyimpan barang di dalam kamar Pondok Lestari, mengeluarkan peralatan snorkeling dan segera kembali ke perahu. Jadwalnya, sore ini juga kami akan diantar ke spot pertama, Jelly Fish Lake. Teman yang tak punya alat snorkeling sendiri bisa menyewa di Pondok Lestari ini. Harga Rp. 25.000 perhari.

Perahu meluncur lagi di lautan, menyusuri beberapa pulau kecil. Sekitar setengah jam sampai di sebuah dermaga. Ini salah satu spot favorit di kepulauan togean, Jelly Fish Lake. Sebuah danau yang dihuni jutaan Ubur-ubur. Di danau ini, kita bisa berenang, snorkelingan, dikelilingi banyak Ubur-ubur yang ramah dan aman. Kami segera berganti kostum, menyiapkan alat snorkeling, dan langsung berenang ria sambil mengabadikan beberapa foto.

Berenang bersama Ubur-ubur
Source: virustraveling.com

Sekitar dua jam berenang kami mulai kedinginan dan memutuskan untuk kembali ke penginapan. Kami tak sabar melewati malam di pulau Kadidiri. Beberapa menit kemudian perahu kami membelah ombak kecil dalam perjalanan kembali ke penginapan, diiringi pemandangan sunset laut lepas yang emejingg.

Baca juga: Penyesalan Selama Kuliah

Malam di pulau Kadidiri adalah salah satu malam terindah yang pernah saya lihat. Exotisnya pulau ditengah laut, penginapan menghadap pantai dengan lampu yang berkedip-kedip, suara bercengkrama orang-orang di café, beberapa lalu lalang di pantai bertelanjang kaki bermain pasir, dan tampak lebih banyak pengunjung dari luar negeri daripada pengunjung local macam kami. Saya menghabiskan seperempat malam berbincang dengan beberapa pengunjung dari Sorowako yang datang ke Kadidiri membawa alat selam komplit. Pengen rasanya pinjam untuk besok tapi malu juga mau minta.

Sekitar pukul 2 dinihari baru bisa terlelap tidur. Rencana kami, besok akan berkunjung ke 2 spot. Pagi berenang di dive spot California dan lanjut ke Pulau Papan yang terkenal dengan jembatan kayunya yang menghubungkan pulau. Dive spot California adalah yang terbaik se pulau Togean, pemandangan bawah laut yang keren dengan ikan-ikan kecil yang ramah. Saya akan ceritakan di tulisan saya berikutnya.

Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Cheers !

Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.