Sejuknya Taman Anggrek Bancea - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Sunday 14 January 2018

Sejuknya Taman Anggrek Bancea

taman anggrek bancea poso

Taman Anggrek Bancea adalah taman wisata alam yang terletak di pesisir danau Poso, tepatnya di Desa Bancea, Kecamatan Pamona Barat, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Menurut penuturan beberapa warga Poso, taman ini adalah wisata andalan kabupaten Poso di penghujung tahun 90an. Ditumbuhi ribuan jenis tanaman anggrek, termasuk anggrek hitam dan anggrek bulan yang adalah dua jenis tanaman langka, taman anggrek Bancea pernah menarik banyak pengunjung. Sayangnya, entah akibat pengeloaan yang kurang baik atau lokasi yang jauh dari pemukiman, Taman Anggrek Bancea kini sepi pengunjung, bahkan bisa dikatakan terbengkalai.

Baca juga: Pendakian Gunung Semeru - Malang dan Ranupani

taman anggrek bancea poso

Akses ke lokasi taman anggrek Bancea bisa ditempuh via darat dengan mobil atau motor dan juga bisa dengan transportasi air melalui danau Poso. Taman ini berjarak sekitar 50 km dari Tentena, kota di sisi utara danau Poso dan 25 km dari Pendolo di sisi selatan danau Poso. 

Setiba di kawasan taman anggrek Bancea, pengunjung akan disambut papan sambutan disertai tata tertib pengunjung yang terpajang di sisi jalan, bersebelahan dengan bangunan pos pembelian tiket yang kini sudah kosong. Selanjutnya lalu memasuki taman melalui penurunan dengan tangga beton yang terjal untuk sampai di sisi bawah taman yang berdampingan dengan tepi danau Poso.


taman anggrek bancea poso

Meskipun kini tak terurus dengan baik lagi, taman anggrek Bancea tetap saja adalah alam warisan Tuhan yang punya kekuatannya sendiri. Datanglah ke tempat ini kapan saja. Keseimbangan alam selalu bekerja dan menciptakan suasana hutan yang sejuk nan meneduhkan hati yang akan membuat anda betah berlama-lama berada di kawasan ini.

Lalu jika tanaman anggrek sudah tak terawat dan jumlahnya tak sebanyak dahulu lagi, kini apa saja yang bisa dilakukan di taman anggrek Bancea?

Baca juga: Camping di Padamarari, Selayang Pandang Danau Poso

Camping di Tepi Danau Poso


Taman anggrek Bancea adalah lokasi berkemah yang sangat nyaman. Pada sisi taman yang berdampingan langsung dengan danau Poso, terdapat tempat rata yang luas dan bisa dijadikan camping ground. 

taman anggrek bancea poso

Bagi anda yang senang berkemah, taman ini bisa jadi pilihan yang tepat. Terlebih bila anda menyukai lokasi berkemah yang sunyi dan sejuk. Pepohonan rindang di sekeliling camping ground serta teduhnya air danau Poso disebelahnya akan membantu anda menikmati aroma berkemah yang sesungguhnya.

Baca juga: Sepuluh Ribu Gerbang di Fushimi Inari Kyoto, Jepang

Jikapun anda tak ingin berkemah tapi anda butuh tempat untuk beristirahat, di taman anggrek Bancea terdapat bangunan yang bisa anda jadikan tempat mampir dan beristirahat di terasnya. Lokasinya pun tak jauh dari tepi danau Poso.

taman anggrek bancea poso



Berenang dan Bermain Pasir


Bercerita wisata yang berhubungan dengan danau Poso tentu tak afdal rasanya kalau tidak berenang. Siapa yang tidak senang berenang di air tawar jernih dengan pasir yang bersih? Di taman anggrek Bancea anda bisa merasakan sensasi berenang di sisi danau Poso yang sunyi. Tak akan banyak orang berlalu lalang ataupun perahu bising berseliweran. Mungkin rasanya seperti berenang di sebuah pulau milik sendiri.

taman anggrek bancea poso

taman anggrek bancea poso

Di taman ini anda bisa berenang ataupun berendam sepuasnya sambil sesekali bermain pasir bersama rekan pun keluarga. Disalah satu sisi taman terdapat tiang-tiang kayu bekas dermaga yang bisa jadi pegangan anda jika lelah berenang. Jika beruntung, ikan-ikan kecil habibat asli danau Poso yang ramah akan mendampingi anda berenang.


Demikianlah wisata alam taman anggrek Bancea kini. Meskipun sudah tidak ramai pengunjung, namun tetap saja kawasan ini adalah salah satu alternatif wisata Kabupaten Poso, terutama di wilayah sekitar danau Poso.  Kesejukan alamnya yang terjaga serta suasana sunyi jauh dari hiruk pikuk keramaian menjadikan lokasi ini sangat pas bagi anda yang ingin 'bersembunyi' dari penatnya aktivitas sehari-hari.

Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done