Review Weldbrite Pickling Gel - Pembersih Pipa Stainless Steel - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Friday, 4 October 2019

Review Weldbrite Pickling Gel - Pembersih Pipa Stainless Steel

Pickling Pipa, pembersih pipa logam

Pickling adalah proses pembersihan permukaan logam dengan menggunakan zat kimia. Dalam pekerjaan logam kadang menyisakan kotoran seperti debu, oli, atau karat, tak terkecuali juga untuk material pipa dari stainless steel. Salah satu penyebab kotornya permukaan pipa stainless steel adalah sisa oksidasi pengelasan dan bekas panas yang menempel pada material dan menyisakan noda yang sulit dibersihkan dengan cara biasa.

Pembersih Pipa
Noda hitam bekas oksidasi pengelasan pada stainless steel (dok.pribadi)

Weldbrite Pickling Gel adalah salah satu produk kimia pembersih pipa yang dikembangkan di Australia. Bahan ini berbentuk cairan gel dengan kandungan hydrofluoric acid dan nitric acid yang cukup ampuh untuk mengilangkan noda sisa pengelasan jika digunakan dengan benar.


Penggunaan Weldbrite Pickling Gel


Cara penggunaan Weldbrite Pickling Gel ini terdapat di kemasannya dan sebaiknya diikuti dengan benar, sebab sangat menentukan hasil pickling. Adapun urutannya yaitu:

1. Bersihkan Permukaan
Bersihkan terlebih dahulu area sekitar pengelasan yang akan di pickling dengan menggunakan sikat besi atau wire brush. Pembersihan awal ini gunanya untuk mengeluarkan sisa-sisa debu atau karat yang mungkin menempel pada material. Disamping itu, pastikan permukaan pipa sudah dingin (suhu kurang dari 40 derajat celcius), sebelum dilakukan pickling.

2. Kocok Kemasan
Sebelum digunakan, kocok cairan Weldbrite agar tercampur merata, terutama jika kemasan tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Baca juga: 3 Idiots, Filmnya Mahasiswa Teknik?

3. Oleskan Weldbrite
Oleskan gel Weldbrite pada permukaan material pipa yang ingin dibersihkan dengan menggunakan kuas atau benda lain yang sesuai. Pastikan seluruh permukaan terkena gel secara merata.

4. Diamkan
Setelah dipastikan permukaan pipa terkena gel Weldbrite secara merata, diamkan material selama 10-45 menit. Biarkan zat kimia didalam gel bekerja terhadap noda. Waktu ini bisa ditambah untuk noda yang lebih tebal.

5. Bilas
Untuk menghilangkan gel, bilas permukaan pipa dengan air. Bisa juga dibantu dengan sikat atau lap. Hilangkan gel dari material sebersih mungkin, sebab gel yang tertinggal bisa menimbulkan warna cokelat pada permukaan. Tentunya kita tidak mau ini terjadi.

Pembersih pipa stainless steel
Hasil pickling pipa stainless steel (dok.pribadi)

Petunjuk Keamanan


Weldbrite Pickling Gel mengandung hydrofluoric acid dan nitric acid yang bersifat beracun terhadap manusia dan baunya menyengat. Untuk itu gunakanlah alat pelindung diri seperti sarung tangan karet, baju lengan panjang, masker, dan kacamata.

Jangan gunakan Weldbrite di dekat sumber api sebab zat ini mudah terbakar. Tutup rapat kembali kemasan setelah digunakan. Ikuti petunjuk penyimpanan yang tertera di kemasan.


Kesimpulan


Weldbrite Pickling Gel ini layak digunakan sebagai produk pembersih pipa dalam pekerjaan instalasi pipa stainless steel. Zak kimia yang terkandung didalamnya cukup ampuh membersihkan kotoran sisa pengelasan asalkan digunakan sesuai pedoman pemakaiannya. Jika tidak, noda pada permukaan pipa mungkin tidak akan hilang, atau bahkan bisa menyebabkan warna lain yang tidak diinginkan.

Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done