Memilih Senapan PCP Terbaik - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Saturday, 27 June 2020

Memilih Senapan PCP Terbaik

Senapan PCP yang dikenal di kalangan penembak adalah singkatan dari Pre-Charged Pneumatic. Di indonesia, senapan ini banyak sekali digunakan oleh para pecinta senapan, baik untuk berburu maupun sekedar hobi koleksi senapan. Dibandingkan senapan Uklik, senapan PCP memiliki banyak sekali keunggulan baik dari segi power, akurasi, dan daya jangkau.

Baca Juga:


Perbedaan Senapan PCP dan Senapan Uklik


Sesuai namanya, Pre-Charged Pneumatic, senapan PCP menggunakan udara yang sudah disimpan dan dikompresi atau dimampatkan dalam tabung untuk mendorong peluru keluar dari laras. Tabung udara ini terdapat pada badan senapan.

Berbeda dengan senapan Uklik, senapan PCP memungkinkan untuk menembak berkali-kali dalam sekali pengisian tabung udara. Oleh sebab itu, tabung udara pada senapan PCP harus memenuhi spesifikasi utuk menampung udara bertekanan tinggi. Tekanan udara pada tabung senapan PCP berbeda-beda, sesuai dengan jenis senapan. Umumnya antara 2000 - 5000 Psi. Pada bodi senapan terdapat monometer untuk mengukur tekanan udara dalam tabung.


Senapan PCP via mejakasir.com

Cara Mengisi Tabung Udara Senapan PCP


Untuk mengisi udara kedalam tabung senapan PCP bisa dilakukan dengan beberapa cara. Pertama, dengan menggunakan pompa tangan manual yang khusus untuk senapan PCP. Pompa ini bentuknya kurang lebih sama dengan pompa ban sepeda yang sering kita lihat, namun mampu menghasilkan tekanan angin yang besar. Biasanya pompa PCP ini diproduksi oleh pabrikan pembuat senapannya sendiri.

rekomendasi senapan pcp terbaik
Pompa PCP manual

Cara kedua untuk mengisi tabung udara senapan PCP yaitu dengan menggunakan kompresor udara baik elektrik maupun menggunakan bahan bakar. Semua kompresor jenis ini bisa digunakan untuk mengisi tabung senapan, asalkan memenuhi kebutuhan tekanan senapan. Misalkan senapan anda memiliki tabung uadara berkapasitas 3000 Psi, maka tentunya anda tidak dapat menggunakan kompressor yang hanya mampu mengkompresi tekanan 500 Psi.

Cara mengisi tabung senapan PCP berikutnya yaitu dengan menggunakan tabung penyimpanan udara. Biasanya para penembak menggunakan semacam tabung selam untuk menyimpan udara cadangan. Tekanan udara dalam tabung cadangan harus lebih tinggi dari tekanan senapan PCP. Udara dari tabung cadangan dapat dipindahkan ke tabung senapan dengan menggunakan selang yang dilengkapi regulator untuk mengatur tekanan udara yang masuk.

Tabung cadangan biasa juga dibawa oleh para penembak untuk berburu ke hutan dalam jangka waktu yang agak lama.



rekomendasi senapan pcp terbaik
Tabung selam bisa menjadi tabung cadangan senapan PCP


Kelebihan dan Kekurangan Senapan PCP


Senapan PCP memiliki beberapa kelebihan yang menjadikan senapan ini idola para penembak, dibandingkan dengan jenis senapan angin lain.

Senapan PCP dapat menembakkan peluru berkali-kali dalam satu kali pengisian tabung. Tidak seperti senapan Uklik, yang harus dipompa dahulu setiap kali hendak menembakkan peluru. Banyaknya jumlah tembakan untuk setiap pengisian tabung pada senapan PCP tergantung pada model senapan dan settingan udara pada senapan. Umumnya bisa dalam range 15-30 kali tembakan.

Saat tabung udara sudah terisi penuh, senapan PCP bisa ditembakkan terus menerus sampai tekanan udara dalam tabung berkurang dan habis.

Baca Juga:

Senapan PCP mempunyai power yang lebih tinggi dibandingkan senapan Uklik. Jika senapan Uklik hanya bisa menghasilkan lontaran peluru dibawah 800 fps, maka senapan PCP dapat mencapai 1000 fps bahkan sampai 1400 fps. Kecepatan peluru pada senapan PCP ini tentunya sangat dipengaruhi oleh model senapan dan tekanan udara didalam tabung.

Kekurangan senapan PCP menurut saya adalah cara mengisi tabung udara yang lumayan repot. Jika membeli senapan PCP kita mesti membeli serta pompa manual untuk mengisi udara, yang mana harganya cukup tinggi. Biasanya di kota-kota terdapat outlet senapan angin yang menyediakan pengisian tabung udara senapan PCP. Namun agak repot juga bolak balik ke tempat pengisian udara setiap kali tekanan tabung senapan habis.



Rekomendasi Senapan PCP Terbaik


Belakangan ini saya memendam minat untuk memiliki sebuah senapan PCP. Saya telah memiliki sebuah senapan Uklik, dan senapan itu pun sudah cukup bagus. Untuk menembak target kecil seperti burung atau tupai, senapan Uklik saya tidak pernah mengecewakan. Namun saya mulai tertarik untuk memiliki senapan PCP, dengan pertimbangan beberapa keunggulan yang sudah saya sebutkan diatas.

Nah, berbekal keinginan tersebut, saya mulai menjelajah info-info seputar senapan PCP. Senapan PCP model apa yang terbaik dan murah? Bagaimana power dan akurasinya?

Jika anda pun sedang berminat membeli senapan PCP, berikut ini adalah beberapa senapan PCP yang saya rekomendasikan untuk anda beli.

1. Senapan PCP Mouser

 
rekomendasi senapan pcp terbaik
Senapan PCP Mouser


Senapan PCP Mouser banyak digunakan oleh penembak di Indonesia. Senapan ini juga banyak diproduksi oleh pengrajin senapan kita.

Hampir keseluruhan bodinya dibalut oleh kayu mahoni yang khas, senapan ini tampak klasik dan kokoh. PCP Mouser tersedia dalam dua ukuran diameter tabung udara, yaitu 28 mm dan 32 mm. Anda bisa memilih mau diameter tabung yang mana. Semakin besar tabung, tentu semakin besar pula power yang dihasilkan oleh senapan. Kapasitas tabung udara pada senapan PCP Mouser umumnya antara 2500-3000 Psi.

Di pasaran, satu unit senapan PCP Mouser dihargai antara 1,7 juta rupiah sampai 2,8 juta rupiah. Harga yang tidak berlebihan untuk senapan yang telah malang melintang di tangan para penembak tanah air.


2. Senapan PCP Predator Tactical


Senapan PCP Predator Tactical adalah senapan idola saya dan saya berharap dapat memiliki unit senapan ini suatu saat nanti. Hehe
 
Predator Tactical via bukalapak.com

PCP Predator Tactical banyak di produksi oleh pengrajin senapan dalam negeri dengan berbagai modifikasi. Model yang paling saya sukai yaitu yang menggunakan tabung udara ukuran 460 cc, karena senapan menjadi lebih ramping dibandingkan yang menggunakan tabung 500 cc.

Warna hitam pekat diseluruh bodi senapan menghadirkan tampakan garang dan jantan sekali menurut saya. Disamping itu, senapan PCP Predator Tactical ini juga memiliki popor yang bisa dilipat menjadi lebih pendek.

Harga satu unit PCP Predator Tactical berkisar dari 4 juta sampai 10 juta rupiah, bergantung pada bahan senapan yang digunakan.
 
 

3. Senapan AFC Airforce Condor

 
Senapan berikutnya yang saya rekomendasikan untuk di beli di Indonesia adalah senapan AFC. Airforce Condor adalah model senapan tabung belakang yang aslinya di produksi oleh Airforce Airguns di Amerika. Senapan yang asli harganya selangit.
 
Senapan AFC Original

Namun jangan khawatir, sebab senapan model AFC telah banyak di produksi oleh pengrajin lokal dengan kualitas yang menurut saya sangat top. Saya sendiri adalah salah satu pengguna senapan AFC.

Di kalangan penembak pasti familiar dengan AFC Bandit yang diproduksi oleh pengrajin lokal di Jawa. Powernya top. Banyak lagi pengrajin lain yang membuat AFC sama bagusnya. Tinggal pintar-pintarnya memilah saja.

Baca Juga:

Ulasan 


Itulah 3 senapan PCP Indonesia yang menarik menurut saya sangat baik untuk menjadi pilihan para penembak, dari segi kualitas, keindahan estetika, dan harga. Mungkin saja rekan-rekan pembaca memiliki pendapat lain. Saya masih terus mencari tahu jenis-jenis senapan PCP yang lain yang tentunya masih sangat banyak dengan kualitas yang tak kalah jauh. Apakah Anda ada saran senapan PCP yang layak dimasukkan ke list ini? Tolong berkomentar di bawah ya. 

Berburu dan menembak adalah hobi yang positif, asalkan betul-betul dilakukan untuk tujuan-tujuan yang baik. Senapan PCP adalah jenis senapan angin yang terbaik untuk mendampingi anda, menentukan poin dan melumpuhkan target berburu. Happy hunting !

Bagikan ke teman-teman anda

8 comments

  1. Coba jelajahi Hunter Gendhenk atau bengkel Agung sniper 154..
    Bagaimana pertimbangan Anda nanti silahkan kita berbagi.. saya juga sementara ini masih bingung memilih..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap pak. Sy liat kebanyakan produksinya untuk big game. Senapan memang soal selera juga. Sy sendiri akhirnya memilih senapan Air Force Condor.

      Delete
  2. Hmm entah kebetulan atau gimana ya.. selera kita dan arah nyaris sama walaupun saat ini blm kesampaian..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat pak. Semoga segera bisa memiliki senapan impian. Hehe

      Delete
  3. Happy hunting !ay juga pecinta predator hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantap mas. Predator top. Tapi harus beli laras yang bagus.

      Delete
  4. Pcp marauder aragon boleh juga tuh, power dan akurasi lumayan.bisa buat big game juga..

    ReplyDelete
  5. Silahkan di pilih sesuai selera dan budgetnya masing2.sesuaikan dengan kebutuhan kita.

    ReplyDelete

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done