Review AFC Air Force Condor, Raja Power Senapan Angin - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Saturday 5 September 2020

Review AFC Air Force Condor, Raja Power Senapan Angin


Jika Anda penggemar senapan angin, Anda pastinya mengenal senapan Air Force Condor atau AFC. Senapan AFC ini terkenal dengan power yang besar, lebih besar dari senapan pre-charged pneumatic (PCP) pada umumnya.

Senapan AFC aslinya adalah senapan produksi Airforce Airguns, pabrikan senapan angin di Texas, Amerika. Airforce Airguns sudah berdiri sejak 1994 dengan senapan AFC menjadi produk andalannya.

AFC yang asli banyak menggunakan bahan aluminium, demi mendukung target pasar yang menginginkan senapan dengan bobot yang tidak begitu berat. Barrel atau laras AFC menggunakan Lothar Walther. Jika Anda tahu, laras Lothar Walther adalah salah satu yang terbaik di dunia.

Sejak dipasarkan di seantero dunia, senapan AFC langsung mengambil hati para penembak. Namun sayangnya, seperti halnya senapan produk Amerika pada umumnya, senapan AFC harganya melangit.

Baca Juga:

Mekanisme Kerja Senapan AFC


Senapan AFC tergolong kedalam jenis senapan PCP namun memiliki power yang lebih besar dari senapan PCP umumnya. Mengapa demikian?

Senapan AFC menggunakan sistem tiup untuk mendorong peluru. Itulah mengapa posisi tabung anginnya selalu dibelakang. Ketika triger senapan ditekan, udara akan keluar dari tabung melalui valve yang dipukul oleh hammer tanpa melalui tabung transfer dan chamber seperti di senapan PCP yang lain. Jadi udara bertekanan dari tabung langsung meniup peluru ketika valve terbuka.

 
Mekanisme ini memungkinkan udara mendorong peluru lebih kuat sebab minim hambatan. Dengan demikian lontaran peluru yang keluar melalui laras menjadi lebih kencang.

Airforce Airguns mengklaim bahwa senapan AFC kaliber 0,177/4,5 mm produksi mereka bisa melontarkan peluru di range 950 fps - 1450 fps. Di lapangan, menurut beberapa review, senapan AFC malah bisa mencapai kecepatan lebih besar dari angkat tersebut. Tapi tentunya ini bergantung pada setelan power mesing-masing pemakai.
 

Kekurangan Senapan AFC


Jika Anda mencari senapan PCP dengan power terkuat, tidak salah lagi bahwa senapan AFC adalah pilihan terbaik. Namun jika Anda mempertimbangkan hal lain, senapan AFC juga memiliki beberapa kekurangan.

Pertama, recoil atau hentakan balik pada mekanisme picu senapan AFC membuat senapan ini agak bergetar saat ditembakkan. Bagi penembak yang belum terbiasa dengan hal ini, tentu akan terganggu dalam menembak nantinya. Tapi jika sudah terbiasa, ini sama sekali tidak akan menjadi masalah berarti.

Kekurangan kedua yaitu tidak adanya slot pemasangan magazine atau rotary. Artinya, senapan AFC hanya bisa menggunakan fitur single shoot saja. Sekali isi peluru sekali tembak. Padahal penggunaan magazine ini sangat penting bagi beberapa penembak.


Senapan AFC di Indonesia


Di Indonesia, harga senapan AFC yang membabi buta membuat para penembak  yang minim modal seperti saya gigit jari. Sudah mahal, susah pula membelinya. Unitnya sulit ditemukan di pasaran.

Para pengrajin senapan melihat peluang ini lalu berupaya membuat senapan serupa, dengan mekanisme kerja yang sama tapi tentunya dengan biaya pembuatan yang lebih murah. Dengan demikian harga jualnya juga bisa lebih terjangkau dibandingkan senapan AFC yang asli.

Kini banyak produsen lokal yang membuat senapan dengan bentuk dan mekanisme seperti senapan AFC. Kualitasnya pun tidak jelek bahkan cukup memuaskan. Buktinya senapan AFC lokal banyak digunkan oleh penembak di Indonesia. 

Pengrajin senapan di Cipacing, Jawa Barat, membuat senapan AFC dengan variasi frame pada popor. Ada juga AFC Bandit 88 produksi GS 88 yang telah sering di review para penembak sebagai senapan berpower besar. 

Anda bisa melihat sendiri review-review tentang senapan AFC lokal ini di kanal-kanal youtube. Setahu saya senapan AFC produksi lokal bisa didapatkan dengan harga 4-10 juta.

* * *
 
Baca Juga:

Demikianlah rekan-rekan, ulasan saya tentang senapan Air Force Condor, senapan yang versi lokalnya banyak digunakan di Indonesia. Saya setuju senapan AFC ini adalah senapan dengan power terkuat di kelas PCP. Mekanismenya memang mendukung untuk melontarkan peluru dengan power yang besar.

Jika Anda memiliki budget untuk membeli senapan AFC asli, maka Anda akan mendapatkan unit senapan PCP yang sangat bisa diandalkan. Jikapun ingin membeli senapan AFC produksi lokal juga tidak ada salahnya. Yang pasti pergunakan senapan Anda dengan bijak dan bertanggung jawab ya. Salah satu laras!

Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done