Pakai Telescope Eye Protector, Bidikan Jernih Akurasi Moncer - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Sunday 28 February 2021

Pakai Telescope Eye Protector, Bidikan Jernih Akurasi Moncer

karet teleskop

Karet pelindung mata pada teleskop adalah salah satu inovasi dalam hobi menembak dan berburu menggunakan senapan angin. Fungsinya sangat mendukung kenyamanan menembak.

Salah satu tantangan dalam hobi menembak dan berburu menggunakan senapan angin adalah kesulitan mendapatkan bidikan yang fokus, jernih, dan luas, secara cepat. Anda yang penghobi senapan angin pasti sering mengalami masalah ini.

Saat berburu dan mendapati target buruan, Anda perlu secepat mungkin mendapatkan bidikan dan melepaskan tembakan sebelum target berpindah tempat. Untuk mendapakan bidikan yang nyaman, pandangan mata Anda melalui teleskop harus jernih dan fokus. 
 
Baca juga:
Ada beberapa kendala yang menyebabkan mata kita kesulitan mendapatkan bidikan yang nyaman.
  1. Posisi senapan yang tidak datar 
  2. Posisi menembak yang tidak nyaman 
  3. Gangguan cahaya dari luar leleskop 
  4. Kualitas teleskop tidak bagus

Posisi senapan dan posisi menembak dapat kita sesuaikan dengan menentukan lokasi saat melepaskan tembakan dengan baik. Biasanya pemburu akan menyanggong hewan buruan di suatu tempat tertentu yang nyaman dan ideal untuk menembak.

Untuk kualitas teleskop tentunya Anda harus memiliki teleskop yang bagus. Minimal sekali lensanya harus jernih dan retikelnya jelas. Jika tidak Anda akan sulit membidik dengan baik.

Nah untuk gangguan cahaya dari luar teleskop, biasanya sangat menggangu karena membuat pandangan jadi silau. Anda memerlukan suatu alat yang melindungi pandangan dari mata anda ke teleskop. 

Para penembak senapan angin akhirnya menggunakan pelindung mata berupa karet yang biasa disebut eyescope ataupun eyeshade protector. 
 
Karet teleskop atau eye protector ini dipasangkan di ujung teleskop dan salah satu sisinya berbentuk sedemikian rupa untuk kenyamanan mata saat membidik melalui teleskop. Alat inilah yang berfungsi untuk melindungi mata dari cahaya luar. 
 

Discovery Eyeshade Protector 

 
Ada banyak karet teleskop atau eye protector teleskop yang tersedia di pasaran dengan harga bervariasi. Di Indonesia, bahannya kebanyakan berupa karet atau rubber. 

Discovery Optics, salah satu pabrikan teleskop terkemuka dunia juga mengeluarkan produk eye protector. Saya membeli produk ini beberapa hari lalu.

eye protector teleskop
Scope eyeshade protector original buatan Discovery ini menurut saya jauh lebih bagus dari produk serupa yang saat ini digunakan di Indonesia. 
 
Produk ini dibuat di pabrik Discovery Shenzhen, di China. Melalui website, Discovery mengklaim memiliki beberapa fitur unggulan bagi pengguna produk mereka ini. 
 
Keunggulan menggunakan Discovery eyeshade protector:
  1. Memberikan kenyamanan membidik dan mengurangi dampak hentakan akibat rekoil senapan
  2. Membantu mata menemukan posisi fokus pada lensa dengan cepat
  3. Menghalangi silau dari cahaya luar sehingga tampilan teleskop lebih jernih
  4. Melindungi lensa teleskop

Ada dua alasan saya meyukai produk eye protector dari Discovery ini. Pertama, produk ini terbuat dari medica silica gel, bukan karet/rubber seperti produk eye protector lain yang banyak beredar, sehingga produk ini jauh lebih nyaman, tidak berbau, tidak beracun, dan tidak berbahaya bagi kulit.
 
karet teleskop

Alasan kedua, eye protector ini dapat dipasangkan pada teleskop berdiameter 38 mm - 48 mm. Ini adalah ukuran diameter teleskop yang terbanyak digunakan di pasaran. Dengan demikian, produk ini bisa digunakan untuk hampir semua jenis teleskop tanpa tambahan adaptor apapun.
 
Untuk mendapatkan produk Discovery eyeshade protector ini, Anda bisa mengunjungi toko online Mahajuna Shelter. Produknya original dan menurut saya sangat berkualitas.

Baca juga:

Penutup


Jika Anda mengalami kendala sulit menemukan bidikan yang fokus dan jernih saat berburu atau menembak, maka Anda mungkin memerlukan tambahan eye protector untuk dipasangkan pada teleskop senapan Anda. 
 
Anda bisa membeli produk berbahan karet yang banyak beredar di pasaran. Namun jika ingin memiliki eye protector berkualitas maka Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli eyeshade protector produk original Discovery di toko Mahajuna Shelter. Harganya pun sangat terjangkau.

Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done