4 Senapan Big Game Terbaik untuk Berburu Babi - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Monday, 8 February 2021

4 Senapan Big Game Terbaik untuk Berburu Babi

Babi hutan adalah hewan yang sering menjadi terget buruan para penghobi kegiatan berburu. Hewan ini adalah hama yang rakus dan telah menjadi musuh bebuyutan para petani. Selain itu, babi hutan juga adalah bahan makanan yang nikmat bagi sebagian orang.

Berburu babi hutan dengan menggunakan senapan angin adalah cara yang paling efektif, mengingat hewan ini gesit dan lincah sehingga amat sulit dijumpai dalam jarak dekat.

Namun demikian, tidak semua senapan angin cocok digunakan untuk berburu babi hutan. Babi adalah hewan yang kuat dan sulit mati. Untuk bisa melumpuhkan babi dalam sekali bidikan, selain peluru mesti mengenai titik vital, juga diperlukan senapan dengan power yang mumpuni. Anda bisa membaca beberapa tips berburu babi hutan yang ada di Blog ini.
 
senapan big game terbaik berburu babi
 
Dalam dunia berburu di Indonesia, senapan yang digunakan untuk berburu hewan-hewan besar seperti babi disebut senapan big game. Senapan big game biasanya memiliki power besar sehingga akan menghasilkan laju peluru yang tinggi dan daya hancur yang besar. Dengan demikian, sekali mengenai titik vital, babi hutan bisa tumbang seketika tanpa sempat berlari ke dalam hutan.

Nah, senapan apa saja yang memenuhi kualitas sebagai senapan big game untuk berburu babi hutan? Berapa pressure atau tekanan angin senapan untuk menumbangkan babi hutan? Mari kita ulas.

Oh iya, sebenarnya banyak senapan impor buatan luar negeri yang berkaliber lebih besar dan memiliki power besar dan cukup untuk berburu babi hutan. Namun harga senapan impor biasanya sangat mahal. Disamping itu, kaliber yang lebih besar dari 0,177 Inch tidak legal digunakan di Indonesia. Untuk itu saya hanya akan mengulas senapan kaliber 0,177 Inch buatan pengrajin lokal saja yang harganya lebih terjangkau. Ini dia daftarnya!

1. PCP Monel

Senapan PCP Monel adalah senapan yang menggunakan material Monel sebagai tabung udaranya. Monel adalah bahan paduan nikel yang mengandung banyak unsur tembaga. Monel bersifat tahan korosi sebab adanya kandungan aluminium dan titanium. Kedua unsur ini membuat bahan Monel sangat kuat, sehingga digunakan sebagai tabung angin pada senapan.
 
senapan big game berburu babi
Senapan PCP Monel via shopee.com
 
Senapan PCP Monel banyak di produksi oleh pengrajin senapan di Kediri, Jawa Timur. Anda bisa dengan mudah mendapatkan senapan ini di pasaran bahkan melalui jalur online.

Daya tampung udara pada PCP Monel biasanya bisa kita custom, alias dipesan sesuai keinginan. Untuk berburu big game seperti babi hutan, dibutuhkan tekanan tabung antara 3000-4500 Psi. Ada banyak PCP Monel di pasaran yang memenuhi spesifikasi ini.

Sayangnya, senapan dengan tekanan tinggi biasanya memiliki akurasi yang kurang bagus sehingga sulit digunakan untuk berburu long range atau jarak jauh.  Namun untuk berburu babi hutan pada jarak 30-40 meter tentu sangat efektif.

2. PCP Luger / Ruger

PCP Luger adalah senapan dengan tabung tanam. Ada juga yang menyebut PCP Ruger, entah mana yang benar. Tabung udara pada senapan PCP Luger tertanam pada bodi senapan.

senapan big game terbaik berburu babi
Senapan PCP Luger via pinterest.com

Senapan PCP Luger banyak yang tersedia di pasaran dengan spesifikasi big game, dimana tabung udaranya sanggup menyimpan tekanan 3000-4500 Psi. Senapan ini cocok digunakan untuk berburu babi hutan.

Kekurangan PCP Luger adalah sulitnya membongkar pasang tabung, sebab posisinya tertanam di bodi. Tapi ini bukan kendala berarti. Selama tabung tidak bocor, buat apa juga di bongkar pasang. Iya kan?
 
Baca juga:

3. AFC Airforce Condor

Senapan berikutnya yang menurut saya cocok digunakan untuk berburu babi hutan adalah Airforce Condor (AFC). Senapan ini sebenarnya adalah produksi Amerika, namun telah banyak dibuat oleh pengrajin lokal dengan kualitas yang tidak kalah jauh. Saya sendiri pengguna AFC buatan lokal.

senapan big game terbaik berburu babi
Senapan Airfoce Condor

Senapan AFC menerapkan sistem tiup untuk mendorong peluru, makanya posisi tabungnya pasti dibelakang laras. Mekanisme ini memungkinkan peluru melaju dengan power yang mumpuni dibandingkan senapan PCP model chamber biasa. 

Secara global, produsen senapan AFC yang original, Airforce Airgun, mengklaim bahwa senapan produksi mereka adalah senapan terkuat di muka bumi. Slogannya begini: Airforce, World’s Most Powerful Production Air Rifle. Hehe. Betul atau tidaknya ya buktikan sendiri.

Dengan sistem kerja dan namanya yang telah mendunia, senapan AFC sangat saya rekomendasikan sebagai senapan big game untuk berburu babi hutan.

4. Senapan PCP lain, dengan tabung upgrade

Menurut saya, sebenarnya semua jenis senapan PCP dapat digunakan untuk berburu babi hutan. Spesifikasi tabung rata-rata senapan PCP buatan lokal adalah 2700 Psi. Tekanan tersebut sebenarnya sudah cukup untuk menumbangkan babi dengan setingan senapan dan jarak tembak yang dekat.

Senapan PCP ini juga dapat di upgrade, ditingkatkan daya tampung tabungnya. Jika awalnya hanya bisa 2700 Psi, kita bisa mengganti dengan tabung yang bisa menampung 3000-4500 Psi, tanpa harus mengganti keseluruhan senapan.
 
senapan big game terbaik berburu babi
Senapan PCP Tabung Bocap

Misalnya Anda memiliki senapan PCP dengan tabung bocap. Nah, biasanya di pasaran, tabung bawaan PCP ini umumnya hanya bisa menampung tekanan maksimum 2700-3000 Psi.

Biar lebih garang dalam berburu babi hutan, Anda bisa mengganti tabung tersebut dengan tabung komposit Inocom. Setahu saya tabung buatan Korea Selatan tersebut sanggup menampung tekanan angin hingga 4500 Psi. Ada juga tabung merk DWM, komposit juga. Kalau tidak salah merk DWM ini produk Taiwan, dan juga dapat menampung tekanan tinggi untuk big game.

* * * 
 
Baca juga:
 
Itulah beberapa senapan angin yang menurut saya memenuhi power big game dan cocok digunakan untuk berburu babi hutan. Senapan-senapan di atas mampu menampung tekanan angin yang tinggi sehingga dapat melontarkan peluru dengan kecepatan tinggi dan menghasilkan daya hancur yang besar.

Memang benar, keberhasilan berburu babi hutan tidak serta-merta hanya tentang merek senapan yang digunakan. Ada banyak faktor lain. Jarak tembak, pemilihan peluru, laras atau barrel, perkenaan pada bagian tubuh vital, dll. Namun dengan senapan-senapan diatas, Anda tidak perlu ragu terhadap power senapan Anda. Asal kena pada titik vital, babi pasti tumbang seketika.

Bagaimana pendapat Anda tentang senapan-senapan di atas? Jika ingin berbagi pengalaman, tinggalkan di kolom komentar ya.

Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done