5 PLTA Terbesar di Indonesia - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Tuesday 1 March 2022

5 PLTA Terbesar di Indonesia


Sejak Presiden Jokowi datang dan meresmikan proyek pembangkit listrik yang kami kerjakan di Kabupaten Poso, jadi banyak media nasional yang memberitakan kapasitas PLTA Poso ini.

Beberapa media ada yang menyebut bahwa PLTA Poso yang baru diresmikan presiden adalah PLTA terbesar di Indonesia. Tentu sangat membanggakan rasanya bagi saya terlibat di pekerjaan besar ini.

Namun apakah benar bahwa PLTA Poso yang berkapasitas 515 MW ini adalah PLTA terbesar di Indonesia? Ternyata salah. Setidaknya belum untuk saat ini.

Saya jadi ikut penasaran, dan segera mencari tahu PLTA-PLTA berkapasitas besar yang kita miliki sebagai bangsa yang menyimpan 75 gigawatt potensi energi air. Ini dia daftarnya, 5 PLTA terbesar Indonesia.



1. PLTA Cirata – 1008 MW



PLTA Cirata terletak di Purwakarta, Jawa Barat. PLTA ini adalah salah satu PLTA tertua di Indonesia yang dibangun pada 1983 dan mulai beroperasi pada 1988.

PLTA Cirata menggunakan sumber air dari Waduk Cirata, dan merupakan underground hydropower, dimana powerhousenya berada ratusan meter di dalam tanah.

PLTA Cirata mengoperasikan 8 unit turbin francis masing-masing berkapasitas 126 MW dengan head 112,5 dan debit 135 m3/h. Total daya yang bisa dibangkitkan adalah 1008 MW, menjadikan PLTA Cirata adalah PLTA terbesar di Indonesia saat ini.


2. PLTA Saguling – 700 MW


plta terbesar di indonesia

PLTA Cirata diatas adalah salah satu PLTA dalam aliran Sungai Citarum. PLTA Cirata berada ditengah-tengah. Disisi hulu ada PLTA Saguling yang dioperasikan oleh PT Indonesia Power, dan disisi hilir ada PLTA Juanda yang diperasikan oleh Perum Jasa Tirta II.

Nah, PLTA Saguling yang berkapasitas 700 MW menjadi PLTA terbesar kedua di negara kita saat ini. PLTA Saguling mengoperasikan 4 unit turbin masing-masing berkapasitas 175 MW.


3. PLTA Poso – 515 MW


plta terbesar di indonesia

Di posisi ketiga PLTA terbesar Indonesia barulah bertengger PLTA kebanggaan saya, tempat saya bekerja dan mencari nafkah selama bertahun-tahun, PLTA Poso 515 MW. PLTA Poso berlokasi di Desa Sulewana, Kecamatan Pamona Utara, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah.

PLTA Poso dibangun secara bertahap, menyesuaikan keseimbangan kebutuhan listrik nasional dan kemampuan tenaga kerja serta kesiapan pendanaan dari konsorsium nasional.

Pembangkit Poso 2A berkapasitas 3x65 MW dikerjakan lebih dahulu dan beroperasi komersil pertama kali di tahun 2012. Setelah itu dilanjutkan dengan Poso 1 berkapasitas 4x30 MW yang berhasil selesai di akhir tahun 2019.

Paling anyar, Poso 2B berkapasitas 4x50 selesai pada Desember tahun lalu, menandakan tercapainya kemampuan daya bangkit 515 MW yang kemudian peresmiannya dilakukan oleh Presiden Jokowi kemarin.

Pengembangan PLTA Poso sebenarnya masih panjang dengan rencana pembangunan pembangkit Poso 3 berkapasitas 400 MW dan Poso 4 berkapasitas 30 MW. Namun saat ini masih dalam tahap desain dan pembangunan infrastruktur pendukung.


4. PLTA Tangga – 317 MW


plta terbesar di indonesia

PLTA Tangga ini sepertinya kurang terkenal ya? Namun saya yakin Anda yang umurnya sudah beranjak tua pasti pernah melihat bendungan PLTA Tangga. Gambarnya nampak seperti diatas.

Ya, itulah bendungan PLTA Tangga di mata uang kertas 100 rupiah. Meski uang tersebut kini sudah ditarik dari peredaran,  namun PLTA Tangga masih kokoh sampai sekarang.

PLTA Tangga terletak di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, dan dioperasikan oleh PT Inalum. PLTA Tangga memiliki 4 unit turbin masing-masing berkapasitas 79 MW. Total daya yang bisa dibangkitkan sebesar 317 MW menjadikan PLTA Tangga berada di posisi ke empat PLTA terbesar di Indonesia.


5. PLTA Sigura-gura – 286 MW


plta terbesar di indonesia

Masih dari Kabupaten Asahan, PLTA Sigura-gura yang juga dikelola oleh PT Inalum berada pada posisi kelima PLTA terbesar Indonesia dengan daya bangkit 286 MW dari 4 turbin.

PLTA Sigura-gura dibangun pada tahun 1978 dan merupakan underground hydropower tertua di Indonesia. Lebih tua dari PLTA Cirata.


6. Penutup


Itulah 5 PLTA terbesar di Indonesia yang saat ini beroperasi menyokong kebutuhan listrik nasional. Ada banyak potensi PLTA dengan kapasitas lebih besar yang saat ini sedang dikembangkan baik oleh pemerintah maupun oleh swasta.

Sebagai pekerja di industri PLTA saya berharap semoga daftar ini bisa segera tergeser oleh pembangkit-pembangkit baru yang lebih fresh, tentunya dengan teknologi yang lebih maju.

Ada proyek PLTA di Sungai Kayan, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara, yang saat ini sedang dikerjakan. PLTA Kayan ini kabarnya akan membangkitkan listrik sebesar 9000 MW. Jika proyek ini selesai, maka Indonesia akan punya PLTA terbesar se-Asia Tenggara.

Let's go, Indonesiaaaaa !

Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done