Lobi Belakang Layar ala Jusuf Kalla - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Tuesday 8 October 2019

Lobi Belakang Layar ala Jusuf Kalla

lobi jusuf kalla

Muhammad Jusuf Kalla hari ini kita kenal sebagai seorang wakil presiden. Mendampingi presiden Jokowi, ini adalah kali ke dua, JK, sapaan akrabnya, menduduki posisi wakil presiden. Sebelumnya, dua periode lalu, beliau menjadi wakil presiden di masa pemerintahan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Di kancah perpolitikan nasional, sepak terjang pak JK tak diragukan lagi. Kisahnya mudah ditemukan dan tentunya akan terekam dalam sejarah bangsa ini. Polical stand dari seorang JK telah mewarnai arah politik Indonesia dalam beberapa tahun terakhir.

Disamping kiprahnya dalam dunia politik, JK adalah seorang juru lobi handal. Pak JK beberapa kali berhasil menyatukan dua kubu yang berselisih, mendamaikan pertikaian, ataupun mendapatkan target politik dari kemampuan lobi yang mumpuni tersebut. Uniknya, khalayak bahkan kadang tidak menyadari peran JK dalam suatu penyelesaian masalah. JK kadang mengatasi kondisi deadlock dari balik layar.

Jusuf Kalla Inisiator Perdamaian Ambon dan Konflik Aceh


Jika bukan karena JK barangkali perang Ambon masih terjadi. Jika bukan karena JK mungkin Aceh masih bergejolak. JK adalah orang yang turun tangan menyelesaikan konflik-konflik berkepanjangan tersebut.

"Seorang keturunan Bugis, Jusuf Kalla, pendamai Aceh. Yang lain hanya pandai bicara saja. Saya tahu sejarahnya. Kalau tak ada Jusuf Kalla, tak dapat mimpi Aceh damai."

Kesaksian ini dituturkan dengan lantang oleh Tengku Zakaria Saman, mantan menteri pertahanan Gerakan Aceh Merdeka, suatu ketika di tahun 2004.


Jusuf Kalla Via poskotanews.com

Jusuf Kalla Mengusung Anies Jadi Gubernur


Jika buka JK yang pasang badan meyakinkan partai-partai untuk mengusung Anies Baswedan di Pilkada DKI Jakarta 2017 silam, barangkali Ahok masih menjadi Gubernur. JK melakukan lobi politik ke beberapa petinggi partai sehingga Anies Baswedan muncul sebagai kandidat di jam-jam terakhir batas pendaftaran.

Baca juga: Inilah Habibie Factor, Penemuan BJ Habibie yang Mengubah Dunia

lobi jusuf kalla
Jusuf Kalla & Anies Baswedan via alkhairaat.com

"Pak JK lah yang mengusulkan sampai ada perubahan. Jam 2 pagi disana (kubu Gerindra dan PKS) memutuskan pak Anies diambil, pak Sandi jadi wakil." Terang ketua umum PAN, Zulkifli Hasan 


Jusuf Kalla Menenangkan Prabowo


Jika JK tidak bertemu Prabowo pada masa genting menjelang pengumuman pemenang pilpres 2019 oleh KPU, barangkali kisah lain yang akan terjadi. Pada saat itu terjadi aksi unjuk rasa besar menentang hasil pemilu yang dianggap penuh kecurangan.

lobi jusuf kalla
Jusuf Kalla & Prabowo via kumparan.com

"Karena itu, waktu saya ketemu, beliau (Prabowo) didepan saya menelpon orang-orangnya untuk menghentikan aksi massa. Dia perintahkan untuk menghentikan aksi, dan akan menjalani proses konstitusi yang baik." Demikian penuturan JK mengenang saat tersebut.

Baca Juga: Camping di Padamarari, Selayang Pandang Danau Poso

Jusuf Kalla adalah juru lobi ulung. Dampak dari lobi-lobi JK telah kita rasakan meskipun dalam prosesnya kadang tidak disadari oleh publik. JK dalam hal ini sering bekerja dibelakang layar. Satu hal yang pasti, lobi-lobi seorang JK selalu bermuara pada kemaslahatan bangsa.

Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done