Air Terjun Saluopa, Surga di Belantara Poso - Fachrul Hidayat
News Update
Loading...

Monday, 4 November 2019

Air Terjun Saluopa, Surga di Belantara Poso

air terjun saluopa poso

Air Terjun Saluopa atau Saluopa Waterfall adalah destinasi wisata andalan Sulawesi Tengah. Berada di kawasan hutan tropis yang sejuk, aliran sungai yang jernih, bebatuan yang berkilau bak berlian, dan bentuknya yang menjulang dan bertingkat seperti anak tangga, tak diragukan lagi bahwa air terjun ini adalah salah satu air terjun terbaik di Indonesia.

Air Terjun Saluopa berada di Desa Wera, Kecamatan Pamona Pusalemba, sebuah daerah di pegunungan Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Saya telah mengunjungi air terjun ini sebanyak 7 kali dan masih ingin kesana lagi.

Baca juga : 

Akses Lokasi Air Terjun Saluopa


Untuk sampai di lokasi air terjun Saluopa, anda bisa mengambil titik tolak dari Kota Tentena, pemukiman paling ramai yang terdekat dari Desa Wera. Tentena, yang berada di sisi utara Danau Poso, berjarak sekitar 12 kilometer ke lokasi air terjun dan dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor baik roda dua ataupun roda empat.

Dari Tentena, perjalanan dilanjutkan dengan menyusuri jalan beraspal melalui desa-desa dipinggir Danau Poso. Di sisi kiri jalan anda akan disuguhkan pemandangan Danau Poso yang teduh. 

Selepas Desa Tonusu, sekitar 10 menit dari Tentena, anda akan bertemu pertigaan jalan. Jalan lurus adalah jalan menuju ke Desa Pendolo, melewati Siuri, Taman Anggrek Bancea, dan juga akses ke Lembah Bada. Jalan lain ke kanan adalah arah menuju Desa Wera, lokasi Air Terjun Saluopa.

air terjun saluopa poso

desa wera poso

Setelah melewati gerbang di pertigaan, anda akan memasuki perkampungan yang tertata rapi di kiri kanan jalan. Dari bentuk bangunan-bangunan rumahnya, tampak bahwa mayoritas penduduk di perkampungan tersebut adalah suku Bali.

kampung bali poso

Tak jauh setelah melewati perkampungan Bali ini, anda akan tiba di lokasi Air Terjun Saluopa. Di pelataran pintu masuk terdapat area parkir dan loket pembelian tiket. Dari pintu masuk ini, setelah membeli tiket masuk dan membayar biaya parkir, anda harus berjalan kaki sekitar 3-5 menit untuk sampai di air terjun.

Berjalan kaki menuju air terjun melalui jalan setapak akan anda nikmati dengan panorama hutan yang rindang dan sejuk dengan gemercik aliran air dari sungai kecil di sisi jalan. Anda juga bisa mampir berfoto pada beberapa spot berfoto yang unik, ataupun membeli pisang goreng yang dijajakan disepanjang jalan. Tak akan terasa jauh, sampai anda tiba di air terjun dan melihat sendiri air terjun ini dari dekat.

Baca juga : 


Menapak Tangga di Air Terjun Saluopa


Air Terjun Saluopa terkenal dengan bentuknya yang bertingkat-tingkat, dimana pada setiap tingkatan terdapat kolam yang bisa digunakan pengunjung untuk berendam. Ada berapa tingkatan air terjun di Saluopa? Ada yang menyebut 8 tingkat, ada yang bilang 12 tingkat, ada juga yang menghitung sebanyak 15 tingkat. Entahlah. Saya sendiri tidak tahu dengan pasti sebab tingkatan yang dimaksudkan orang-orang mungkin berbeda.

saluopa waterfall

Sebaiknya anda datang sendiri lalu mulai menghitung ada berapa jumlah tingkatan di Air Terjun Saluopa ini. Hehe

Untuk sampai ke tingkat paling atas, anda tak perlu khawatir sebab di salah satu sisi air terjun terdapat tangga beton. Anda bisa menapaki tangga ini untuk menjangkau tingkat demi tingkat Air Terjun Saluopa.

saluopa waterfall

tangga air terjun saluopa

Anak tangga di Air Terjun Saluopa jumlahnya ada ratusan. Maka anda harus mempersiapkan tenaga yang cukup jika ingin sampai di tingkat paling atas. Tenang saja, anda tak akan begitu kelelahan. Sebab kesejukan air terjun di samping tangga akan setia mengiringi anda menapak langkah demi langkah. Anda bisa mampir berfoto atau sekedar beristirahat mengatur napas.

air terjun saluopa poso

air terjun saluopa poso

Jika ingin berenang dan berendam ria dengan sejuknya air pegunungan, anda tinggal memilih saja ingin nyemplung di kolam tingkat berapa. Semakin keatas pengunjung semakin sepi. Kebanyakan pengunjung hanya sampai di tingkat bawah atau di tengah, mungkin dibebabkan tangga yang panjang dan terjal sehingga menciutkan nyali pengunjung. Jadi jika anda tidak suka berenang di kolam yang terlalu ramai, naiklah sampai ke tingkat paling atas.


Camping Ground di Air Terjun Saluopa


Bagi anda yang senang berkemah atau camping, di Air Terjun Saluopa juga terdapat tempat yang bisa dijadikan camping ground. Lokasinya di tingkat paling atas dari air terjun. Terdapat tanah rata yang cukup untuk mendirikan 2-4 tenda.

air terjun saluopa poso

camping poso tentena

Camping ground ini lokasinya tepat di sisi sungai yang mengalir ke air terjun. Anda bisa berkemah bersama rekan atau keluarga sambil sesekali berenang di sungai jernih disampingnya.

Baca juga : 
Demikianlah ulasan tentang Air Terjun Saluopa, sebuah surga alam yang Tuhan titipkan untuk menjadi kebanggaan Sulawesi Tengah, terutama masyarakat Kabupaten Poso. Ada ribuan air terjun yang indah di seantero negeri ini. Banyak pihak membuat ulasan tentang air terjun mana yang terbaik. Saya senang bahwa ulasan-ulasan tersebut selalu mengakui bahwa Air Terjun Saluopa adalah salah satu air terjun terbaik di Indonesia.

Bagikan ke teman-teman anda

Tinggalkan komentar

Notification
Apa isi Blog ini? Catatan perjalanan, opini, dan esai ringan seputar Engineering.
Done